Pengembangan media pembelajaran Video Powtoon untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Gelombang Bunyi

Khotimah, Teni Husnul (2023) Pengembangan media pembelajaran Video Powtoon untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Gelombang Bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran berupa video menjadi solusi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, khusus nya pada materi fisika yang cukup sulit untuk di visualisasikan ketika tidak bisa dilihat secara kasat mata, sebagai contoh materi gelombang bunyi, fokus penelitian ini yaitu pada pengembangan media pembelajaran video powtoon untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan media pembelajaran video powtoon pada materi gelombang bunyi, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran video powtoon pada materi gelombang bunyi, dan (3) peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran video powtoon pada materi gelombang bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Sampel penelitian adalah peserta didik SMA Angkasa Lanud Sulaiman Margahayu, kelas XI IPA 1 sebanyak 31 orang. Teknik analisis data yang dilakukan adalah perhitungan skor lembar validasi media, perolehan skor lembar observasi, perolehan skor lembar kerja peserta didik, N-gain dan uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) media pembelajaran video powtoon dikategorikan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi gelombang bunyi dengan koefisien validitas menggunakan teknik gregory memperoleh nilai sebesar 1 memiliki interpretasi sangat tinggi, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran video powtoon untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi dikategorikan sangat baik dengan persentase yang diperoleh aktivitas guru sebesar 89% dan aktivitas peserta didik sebesar 88%, dan (3) penggunaan media pembelajaran video powtoon dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi dikategorikan sebagai peningkatan rata-rata sedang berdasarkan analisis N-gain dengan skor rata-rata 0,69 dan nilai signifikansi yang digunakan adalah 5% dengan nilai tabel sebesar 3,03 dengan perolehan nilai thitung sebesar 52,71 sehingga thitung>ttabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang setelah diterapkannya media pembelajaran video powtoon pada materi gelombang bunyi. Kata Kunci: Video Powtoon, Keterampilan Berpikir Kritis, Gelombang Bunyi, Pendidikan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Video Powtoon; Keterampilan Berpikir Kritis; Gelombang Bunyi; Pendidikan
Subjects: Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Teni Husnul Khotimah
Date Deposited: 02 May 2024 01:07
Last Modified: 02 May 2024 01:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86654

Actions (login required)

View Item View Item