Pengaruh In Service Training terhadap kompetensi profesional guru : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung

Muharam, Yopi (2024) Pengaruh In Service Training terhadap kompetensi profesional guru : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Program pendidikan pelatihan merupakan suatu keharusan dari sebuah organisasi dan merupakan bagian dari upaya pengembangan sumber daya manusia itu sendiri, sekaligus sebagai salah satu solusi guna memecahkan suatu masalah dalam organisasi. In service training secara istilah merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menambah serta meningkatkan mutu petugas pendidikan dalam menjalankan tugasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan in service training di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung 2) Mengetahui kompetensi profesional guru dalam pengarsipan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung 3) Mengetahui pengaruh pelaksanaan in service training terhadap kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Data penelitian ini dikumpulkan melalui dua metode yaitu penyebaran kuesioner dengan skala perhitungan likert pada 61 responden dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang dilakukan berupa uji absah data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji prasyarat (uji normalitas dan uji linearitas), uji korelasi (uji regresi linear sederhana) dan uji hipotesis (uji koefisien determinasi dan uji signifikansi atau uji t) Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan dari hasil analitis bahwa: 1) In Service Training di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Badung memperoleh nilai mean sebesar 3,33. Nilai tersebut termasuk dalam kualifikasi “Cukup” karena berada dalam rentang interval 2,60– 3,39. 2) Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Aliyah Neger se-Kota Bandung memperoleh nilai mean sebesar 3,30. Nilai tersebut termasuk dalam kualifikasi “Cukup” karena berada dalam rentang interval 2,60– 3,39. 3) Terdapat pengaruh In Service Training terhadap Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung dengan prolehan nilai 0,000 < 0,05 yang menjelaskan besarnya nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,835 artinya bahwa variabel X dengan Y memiliki korelasi dengan drajat hubungan pada tingkat kekuatan yang ‘Sangat Kuat’ karena berada pada kategori 0,80-1.00 dan bentuk hubungannya postif. Dikatakan positif karena semikin tinggi In Service Training dilakukan, maka semakin tinggi juga pengaruhnya pada Kompetensi Profesional Guru. Kemudian dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,698 yang artinya bahwa pengaruh variabel X (In Service Training) terhadap variabel Y (Kompetensi Profesional Guru) sebesar 70 persen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: In Service Training; Guru; Kompetensi Profesional Guru
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yopi Muharam Muharam
Date Deposited: 02 May 2024 01:02
Last Modified: 02 May 2024 01:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86673

Actions (login required)

View Item View Item