Aktivitas Online Public Relations melalui pengelolaan media sosial Instagram @rsu_harkel : Studi deskriptif kualitatif pada Rumah Sakit Umum Harapan Keluarga Kabupaten Sumedang

Nurhakim, Muhamad Ariq (2024) Aktivitas Online Public Relations melalui pengelolaan media sosial Instagram @rsu_harkel : Studi deskriptif kualitatif pada Rumah Sakit Umum Harapan Keluarga Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu aktivitas online public relations yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Harapan Keluarga adalah dengan mengelola akun Instagramnya. Tahun 2019 pengelolaan Instagram yang dilakukan oleh Humas Rumah Sakit Umum Harapan Keluarga masih sederhana dan tidak terencana. Saat ini, pengelolaan Instagram @rsu_harkel sudah dilakukan dengan perencanaan dan strategi-strategi tertentu. Hal ini membuat peningkatan pengikut dan engagement setiap bulannya selalu naik dengan signifikan yang membuat media sosial Instagram sebagai platform utama dalam melakukan promosi dan edukasi kesehatan sesuai dengan visi dan misi rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan aktivitas online public relations melalui pengelolaan media sosial Instagram @rsu_harkel yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Harapan Keluarga menggunakan konsep 4C David Armano yang terdiri dari aspek Content (Konten), Context (Konteks), Connectivity (Konektivitas), dan Continuity (Kontinuitas). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan wawancara mendalam (in-depth interview), observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi untuk menjawab pertanyaan penelitian dan mendeskripsikan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa Humas Rumah Sakit Umum Harapan Keluarga telah melakukan aktivitas online public relations melalui pengelolaan media sosial Instagram dengan konsep 4C yang terdiri atas (1) aspek content (konten), meliputi Penentuan ide konten dan proses pembuatan konten melibatkan ahli. (2) Aspek context (konteks), meliputi Instagram menjadi media sosial utama dalam kegiatan Online Public Relations, penyesuaian strategi Instagram dengan target pasar yang dominan usia muda dan aktif di media sosial, format tulisan, layout, dan tema disesuaikan, serta ciri khas rumah sakit dimunculkan dalam caption, foto, dan warna. (3) Aspek connectivity (Konektivitas), meliputi interaksi dengan audiens dibangun melalui fitur story berupa polling, tanya jawab, dan elemen partisipatif lainnya serta memakai testimoni dan reward untuk meningkatkan interaksi dengan publik. (4) continuity (kontinuitas), meliputi content planning menggunakan timeline dan evaluasi kinerja setiap bulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Rumah Sakit Umum Harapan Keluarga menggunakan platform Instagram dengan strategi yang berbasis pada konsep 4C untuk meningkatkan kehadiran dan reputasi mereka dalam ranah komunikasi online.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Online Public Relations; Media Sosial; Instagram; Konsep 4C; Rumah Sakit
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Administration of Economy > Administration of Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Muhamad Ariq Nurhakim
Date Deposited: 02 May 2024 06:28
Last Modified: 02 May 2024 06:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86731

Actions (login required)

View Item View Item