Penerapan model pembelajaran Information Search dan Media AI untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : penelitian Quasi-Experiment di kelas VII Siswa SMP Lab Percontohan UPI Kabupaten Bandung

Sari, Yuni Purnama (2024) Penerapan model pembelajaran Information Search dan Media AI untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : penelitian Quasi-Experiment di kelas VII Siswa SMP Lab Percontohan UPI Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Lab Percontohan UPI Kabupaten Bandung untuk mengevaluasi rendahnya hasil belajar siswadalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penggunaan Model Pembelajaran Information Search dan Media AI belum pernah diterapkan sebelumnya di sekolah ini, dengan hasil belajar siswa sebelumnya masih di bawah rata-rata KKM sekolah untuk mata pelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran Information Search dan Media AI dipilih karena potensinya dalam meningkatkan hasil belajar, daya ingat, dan kemampuan analitis siswa. Metode eksperimen semu digunakan dengan desain kelompok kontrol non-equivalent. Pre test dan Post test diberikan kepada kedua kelompok untuk mengevaluasi hasil belajar. Kelas eksperimen menerima pembelajaran dengan model Information Search dan Media AI, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif, uji normalitas, uji N-Gain, dan uji t-test untuk membandingkan hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Information Search dan Media AI berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Meskipun kedua kelompok menunjukkan peningkatan hasil belajar, kelompok yang menerima pembelajaran dengan model Information Search dan Media AI cenderung menunjukkan peningkatan yang lebih baik. Namun, perbedaan ini tidak selalu Signifikan secara statistik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Media Pembelajaran; dan Model Pembelajaran;
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuni Purnama Sari
Date Deposited: 06 May 2024 02:58
Last Modified: 06 May 2024 02:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86866

Actions (login required)

View Item View Item