Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah melalui optimalisasi Platform E-Commerce di Pasar Andir Kota Bandung : Studi deskriptif di Pasar Andir Kota Bandung

Jaelani, Cecep (2024) Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah melalui optimalisasi Platform E-Commerce di Pasar Andir Kota Bandung : Studi deskriptif di Pasar Andir Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan penggunaan media sosial, termasuk dalam dunia perdagangan maka penjualan barang dipasar tradisional yang diadakan secara ofline mulai terkalahkan baik secara omset maupun strategi penjualan, menyikapi hal tersebut pedagang pasar Andir kota Bandung dikenalkan dengan penggunaan media melalui platform e-commerce yang membantu mereka keluar dari masalah tersebut. Penggunaan media e-commerce di pasar Andir lebih menguntungkan baik itu dari penghasilan maupun strategi penjualan dan target market yang lebih luas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui Optimalisasi Platform E-commerce di Pasar Andir Kota Bandung. Mengetahui tujuan Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui Optimalisasi Platform E-commerce di Pasar Andir Kota Bandung. Landasan pemikiran penelitian ini mengadopsi teori pemberdayaan UMKM menurut Suharto 2014:59 yang mengatakan bahwa pemberdayaan itu adalah sebuah proses dan tujuan. Proses dan tujuan di pasar Andir yaitu menyangkut pautkan dengan bagaimana pedagang pasar Andir bisa berjualan di E-commerce dan apakah dengan masuknya mereka berjualan di E-commerce bisa mempengaruhi pendapatan pedagang pasar Andir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif, dimaksudakan untuk merinci, menjelaskan dan memberikan gambaran lebih rinci terkait objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Informan penelitian meliputi pengelola pasar Andir. Keabsahan data ditentukan dengan Teknik triangulasi. Penelitian ini berkaitan dengan pengembangan masyarakat yang berorientasi pada Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Ekonomi (SDE). Hasil penelitian bahwa proses Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui Optimalisasi Platform E-commerce di Pasar Andir Kota Bandung diawali dengan pemanfaatan platform E-commerce dan keterampilan pedagang pasar terhadap sosial media, sehingga dari pemanfaatan tersebut pedagang pasar Andir bisa memberdayakan Sumber Daya Ekonominya dan penghasilan dari pemanfaatan berjualan di platform E-commerce tersesbut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan UMKM; Optimalisasi; Platform E-commerce
Subjects: Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: cecep Jaelani Jaelani
Date Deposited: 07 May 2024 05:40
Last Modified: 07 May 2024 07:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86923

Actions (login required)

View Item View Item