Hukum Charge (Denda) pada Jual Beli dengan sistem All You Can Eat ditinjau dari Hukum Ekonomi Syari'ah dan UU no.8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen : Studi kasus Restoran Sha Waregna, Bandung

Nurbaiti, Diah Kamila (2024) Hukum Charge (Denda) pada Jual Beli dengan sistem All You Can Eat ditinjau dari Hukum Ekonomi Syari'ah dan UU no.8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen : Studi kasus Restoran Sha Waregna, Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (875kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy

Abstract

Hukum charge (denda) pada jual beli dengan sistem All You Can Eat merupakan isu yang menarik untuk dikaji dalam konteks hukum ekonomi syari'ah dan perlindungan konsumen. Sistem All You Can Eat memungkinkan konsumen untuk menikmati makanan atau layanan lainnya dalam jumlah yang tidak terbatas dengan membayar harga tetap. Namun, dalam beberapa kasus, pemberi layanan menerapkan charge (denda) jika konsumen melanggar aturan yang ditetapkan, seperti pemborosan makanan atau membuang makanan yang belum habis. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui sistem denda pada jual beli makanan dengan sistem All You Can Eat di Restoran Sha-Waregna, untuk mengetahui tinjauan Hukum Ekonomi Syari’ah dan UU RI No. 08 Tahun 1999 terhadap penerapan denda pada jual beli makanan dengan sistem All You Can Eat di Restoran Sha-Waregna. Dan untuk mengetahui Studi komperatif dalam Analisis hukum mengenai denda dalam jual beli sistem All You Can Eat dalam Hukum Ekonomi Syari’ah dan UU RI No. 08 Tahun 1999. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu berdasarkan dengan kaidah ushul yang berbunyi “Hukum Asal dalam masalah transaksi dan muamalah adalah kebolehan, sampai ada dalil yang menunjukan menunjukan keharamannya”. Dengan menggunakan dua pandangan yaitu dari kompilasi hukum ekonomi syari’ah dan UU tentang perlindungan konsumen mengenai denda pada jual beli konsep All You Can Eat di restoran Sha Waregna. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan normatif. Data yang digunakan terdiri dari sumber-sumber primer dan sekunder yang relevan dengan topik penelitian. Sumber data primer didapatkan dengan cara wawancara secara langsung dengan orang-orang yang terlibat langsung dalam penerapan denda pada jual beli makanan dengan konsep All You Can Eat di restoran Sha-Waregna Bandung, sementara sumber data sekunder berupa literatur kepustakaan, baik berupa jurnal, dokumen tertulis dan sumber lainnya yang berhubungan dengan masalah yang di teliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa, hukum charge (denda) pada jual beli dengan sistem All You Can Eat dapat diterima dalam hukum ekonomi syari'ah jika memenuhi prinsip-prinsip syari'ah. Namun, dalam konteks perlindungan konsumen, pemberi layanan harus memperhatikan ketentuan yang ada dalam UU RI No. 8 Tahun 1999 untuk melindungi hak-hak konsumen. Penting bagi pemberi layanan untuk menjaga keseimbangan antara kepuasan konsumen dan keadilan dalam penerapan charge (denda) tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli; All You Can Eat; Denda.
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Perjanjian dalam Islam
Law > Comparative Law
Private Law > Commercial Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum
Depositing User: Diah Kamila Nurbaiti
Date Deposited: 07 May 2024 01:39
Last Modified: 07 May 2024 01:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86927

Actions (login required)

View Item View Item