Dampak penampilan Hedonisme di Instagram : Penelitian tentang perubahan sikap dan perilaku mahasiswa program studi Manajemen UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Khairunnisa, Alifia (2024) Dampak penampilan Hedonisme di Instagram : Penelitian tentang perubahan sikap dan perilaku mahasiswa program studi Manajemen UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (2).pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy

Abstract

Modernisasi adalah proses menuju masyarakat modern, melahirkan masyarakat yang hedonisme, yang membentuk kecenderungan munculnya perilaku individu melalui interaksi sosial untuk mencapai kesenangan dan kebebasan, sering kali dicapai melalui media sosial, seperti Instagram. Banyak orang ingin terlihat memiliki status sosial yang tinggi dalam kondisinya. Namun, mereka tidak menyadari kenyataan pahit hidup dan apa yang telah mereka lalui. Tujuan penelitian untuk mengetahui tampak depan (front stage) gaya hidup hedonisme mahasiswa manajemen UIN Bandung di media sosial Instagram, bagaimana tampak belakang (back stage) gaya hidup hedonisme mahasiswa manajemen UIN Bandung pada kehidupan nyata dan bagaimana dampak penampilan hedonisme di Instagram berpengaruh dalam kehidupan nyata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan sumber data primer yaitu hasil dari wawancara dengan mahasiswa manajemen. Adapun sumber data sekunder seperti buku, jurnal, artikel, dokumentasi dan penelitian terdahulu untuk mendukung data primer. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Dramaturgi Erving Goffman yaitu panggung sandiwara. Dengan membedakan dua aspek kehidupan sosial yaitu panggung belakang (back stage) dan panggung depan (front stage). Adapun teori yang mendukung panggung depan (front stage) dengan menggunakan teori konsumtif Throstein Veblen menyatakan bahwa gaya hidup dan pola konsumsi yang dilakukan kelas penikmat (leisure class) sangat tinggi (konsumsi mencolok). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perbedaan antara panggung depan (front stage) dengan panggung belakang (back stage). Panggung depan (front stage) yang digunakan oleh mahasiswa Jurusan Manajemen adalah Instagram. Dimana mahasiswa menampilkan gaya hidup hedonismenya dengan mengunggah foto atau video, seperti foto atau video liburan keluar kota, nongkrong makanan mewah dan menghabiskan waktunya di tempat-tempat hiburan. Padahal dalam kehidupan nyata mereka tidak tidak sesuai dengan kenyataan kondisi ekonomi keluarganya yang sulit. Hal ini menunjukan bahwa adanya sebuah kemunafikan antara panggung depan dan panggung belakang. Dampak positif penampilan hedonisme di Instagram yaitu meningkatkan percaya diri, meningkatkan personal banding, adanya pendapatan. Sedangkan dampak negatif penampilan hedonisme di Instagram yaitu lupa terhadap waktu, konsumtif dan boros, kecemasan dan stress, serta jadi bahan pembicaraan orang lain. Kata Kunci: Instagram, Hedonisme, Perubahan Sikap

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hedonisme; Instagram; Dramaturgi
Subjects: Ethical Systems > Hedonism
Ethics of Consumption
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Alifia Khairunnisa
Date Deposited: 07 May 2024 01:33
Last Modified: 07 May 2024 01:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86930

Actions (login required)

View Item View Item