Manajemen kinerja Petugas Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jamaah Haji (PKP3JH) dalam pelayanan haji Ramah Lansia tahun 2023: Studi deskriptif di Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia

Hanadiviyah, Hanadiviyah (2024) Manajemen kinerja Petugas Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jamaah Haji (PKP3JH) dalam pelayanan haji Ramah Lansia tahun 2023: Studi deskriptif di Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar Isi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy

Abstract

Petugas Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama Pada Jamaah Haji (PKP3JH) adalah petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dari unsur tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, dan atau penanganan bencana yang bertugas pada rumah sakit TNI/Polri, Rumah Sakit Haji, unit penanganan bencana pada organisasi kemasyarakatan islam, lembaga pendidikan islam dan pondok pesantren. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas dan keterampilan yang dimiliki oleh PKP3JH dalam pemberian layanan haji ramah lansia, kuantitas layanan yang berikan PKP3JH dalam layanan haji ramah lansia, dan ketepatan waktu petugas PKP3JH dalam Penanganan haji ramah lansia tahun 2023. Teori yang digunakan yaitu teori kinerja. Menurut Robbins dikatakan bahwa untuk mencapai kinerja yang optimal dipengaruhi oleh indikator kinerja yang terdiri dari kualitas, kuantitas dan ketepatan waktu. Kulitas kinerja dipengaruhi oleh persepsi, keterampilan dan motivasi. Paradigma penelitian ini yaitu konstruktivisme dengan metode studi deskriptif dan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif bertujuan mendeskripsikan melalui narasi penerapan manajemen kinerja dalam proses pelayanan haji ramah lansia yang di lakukan oleh PKPJ3H berdasarkan arahan dari Kementerian Agama selaku penyelenggara ibadah haji Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian diketahui : pertama, kualitas petugas PKP3JH terdiri dari kompetensi dan kemampuanya yang berlatar belakang sebagai tenaga kesehatan dan instansi terpercaya, dan hasil seleksi administrasi, computer assited tes, serta wawancara. Selanjutnya kemampuan fisik kuat, mental sehat, komunikasi efektif dan penguasaan teknologi, adanya bimbingan teknik tugas fungsi dan berbagai macam materi yang diikuti oleh para petugas, kemudian persamaan persepsi petugas untuk memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan. Selanjutanya persamaan motivasi one team, one spririt, one goals, Kedua, jumlah petugas PKP3JH tahun 2023 sebanyak 35 petugas. kuantitas layanan yang diberikan PKP3JH berupaya layanan mitigasi, kesiapsiagaan, pertolongan pertama, penyelesaian masalah kesehatan dan non kesehatan, edukasi dan sosialiasi kesehatan jemaah. ketiga, ketepatan waktu. Dalam ketepatan waktu petugas PKP3JH belum optimal dalam memberikan pelayanan. Karena keterbatasan jumlah petugas dan alat. Namun petugas berusaha memberikan penangan terbaik diantaranya adanya proses triase kepada jemaah, koordinasi satu sama lain antar petugas dan evaluasi petugas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: manajemen;kinerja;petugas PKP3JH;pelayanan;haji ramah lansia
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Hanadiviyah Hana
Date Deposited: 07 May 2024 07:28
Last Modified: 07 May 2024 07:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86961

Actions (login required)

View Item View Item