Pengaruh penggunaan konten TikTok terhadap perilaku sosial di kalangan mahasiswa : Penelitian tentang gambaran umum perilaku sosial di kalangan mahasiswa angkatan 2020 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Hidayat, Adis Nurulia (2024) Pengaruh penggunaan konten TikTok terhadap perilaku sosial di kalangan mahasiswa : Penelitian tentang gambaran umum perilaku sosial di kalangan mahasiswa angkatan 2020 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)

Abstract

Mahasiswa Angkatan 2020 yang harus memulai perkuliahan secara daring maka Angkatan 2020 cenderung lebih asik dengan telepon genggamnya, meskipun sedang berada di kelas ataupun lingkup kampus ketika luring, nyaman berinteraksi dengan telepon genggam dibandingkan berinteraksi secara langsung. Sekitar 80% mahasiswa Angkatan 2020 pengguna aktif aplikasi TikTok, mereka merasa nyaman dan rela menghabiskan waktunya untuk scroll konten-konten TikTok, karena kemudahan akses aplikasi ini tidak terbatas ruang dan waktu serta mereka merasa relate dengan konten yang berada pada aplikasi TikTok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan konten TikTok pada Angkatan 2020, melihat adanya pengaruh penggunaan konten TikTok terhadap perilaku sosial mahasiswa, dan seberapa kuat pengaruhnya pada Angakatan 2020 UIN Sunan Gunung Djati. Penelitian ini menggunakan teori Tindakan Sosial Max weber yang menjelaskan bahwa tindakan seseorang mempunyai arti subjektif, individu hendak mencapai suatu tujuan atau ia didorong oleh motivasi, yang mana motivasi tersebut didasarkan oleh velues system dalam menentukan tindakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuisioner. Pengambilan sampel dihitung dengan rumus Slovin dengan toleransi kesalahan 10% dan menghasilkan 80 sampel. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah uji korelasi product moment Pearson, uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji t. Hasil penelitian Angkatan 2020 menggunakan TikTok secara aktif dan terhubung dengan konten, menunjukkan interaksi yang positif dengan menyukai, mengomentari, dan membagikan konten. Terdapat korelasi positif dan searah antara variabel X (penggunaan konten TikTok) dan variabel Y (perilaku sosial mahasiswa). Korelasi tersebut termasuk dalam tingkat korelasi kuat 0,606. Artinya, semakin banyak waktu mahasiswa menggunakan TikTok, semakin kuat juga pengaruh terhadap perilaku sosialnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan konten TikTok memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku sosial mahasiswa Angkatan 2020 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Besarnya pengaruh tersebut tergolong sedang, yaitu 36,8%, sedangkan sisanya 63,2% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Konten TikTok; Perilaku Sosial Mahasiswa
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Culture and Institutions
Communities
Communities > Community Sociology
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Adis Nurulia Hidayat
Date Deposited: 07 May 2024 03:47
Last Modified: 07 May 2024 03:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86963

Actions (login required)

View Item View Item