Pemberdayaan ekonomi Masyarakat lokal melalui pasar mingguan :Studi Deskriptif di Kampung Mariuk jalan Bojong Cibodas desa Bojongsalam kec Rancaekek Kab Bandung

Susanto, Andri Hermawan (2024) Pemberdayaan ekonomi Masyarakat lokal melalui pasar mingguan :Studi Deskriptif di Kampung Mariuk jalan Bojong Cibodas desa Bojongsalam kec Rancaekek Kab Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)

Abstract

Tingkat perekonomian masyarakat Desa Bojongsalam didominasi oleh masyarakat dengan ekonomi menengan kebawah (kelompok rentan) dengan mayoritas bekerja sebagai buruh tani, bekerja serabutan dan buruh pabrik. Masyarakat membutuhkan wadah dan tempat untuk memberdayakan baik segi ekonomi maupun kualitas dan kapasitas mereka. Setelah kehadiran pasar Mingguan Kampung Mariuk, telah lebih dari 100 orang warga lokal terbantu secara ekonomi dan sosial khususnya masyarakat Kampung Mariuk Desa Bojongsalam Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara jelas proses pembentukan pasar mingguan, proses pemberdayaan kelompok rentan melalui pasar mingguan dan menjelaskan keterlibatan komunitas dalam pengelolaan pasar mingguan di Kampung Mariuk Desa Bojongsalam. Hasil dari pada ketiga rumusan tersebut adalah terciptanya suatu formulasi pemberdayaan ekonomi yang bisa diterapkan secara luas hingga mampu menstimulus kemandirian ekonomi masyarakat yang pada akhirnya diharapkan dapat menciptakan kesejahteraan. Landasan pemikiran mengacu pada teori pemberdayaan ekonomi dari Sumodiningrat, (1999), yang menyatakan bahwa pemberdayaan ekonomi mengacu pada serangkaian upaya untuk menstimulasi, memotivasi, dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan potensi yang dimilikinya, serta upaya untuk mengembangkannya. Teori tersebut diperkuat oleh teori partisipasi, yang dijelaskan oleh Mikkelsen (1999) menjelaskan bawa partisipasi mengidentifikasi tiga tingkatan: inisiasi, legitimasi, dan eksekusi. Partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan program pemberdayaan mencerminkan tingkat inisiasi dan legitimasi. kemudian peran aktif masyarakat dalam segala prosesnya adalah refresentasi dari eksekusi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi di Pasar Mingguan Kampung Mariuk, serta wawancara dengan pihak terkait seperti founder dan pedagang, dan dokumentasi juga menjadi sumber data yang relevan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal melalui pasar mingguan di Kampung Mariuk ini telah berhasil. Hal tersebut terbukti dari hasil penelitian dimana sejumlah 100 lebih warga lokal sekarang telah menjadi pedagang di pasar mingguan ini, kondisi mereka telah lebih baik dari sebelumnya baik dari kualitas dan kapasitas ekonomi mereka. Kondisi tersebut bisa terwujud berkat partisipasi aktif antara masyarakat beserta seluruh jajaran kepengurusan. Hal itulah yang telah menjadi faktor kunci dalam menciptakan lingkungan pasar yang kondusif dan mendukung bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal Kampung Mariuk Desa Bojongsalam. Selain itu, partisipasi masyarakat dalam strategi perencanaan, pengembangan dan pelaksanaan pasar mingguan ini juga memberikan ruang bagi aspirasi dan kebutuhan mereka, menjadikan pasar mingguan sebagai pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat yang sehat dan demokratis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi: Masyarakat Lokal: Pasar Mingguan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Process
Econmics
Socialism and Related Systems
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Andri Hermawan Aher
Date Deposited: 08 May 2024 06:19
Last Modified: 08 May 2024 06:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87104

Actions (login required)

View Item View Item