Analisis penjulan dengan diskon berjangka waktu pada Live Streaming di aplikasi Shopee : Studi kasus di akun Miaamanda20

Putri, Shelly Adinda (2024) Analisis penjulan dengan diskon berjangka waktu pada Live Streaming di aplikasi Shopee : Studi kasus di akun Miaamanda20. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak .pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (947kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy

Abstract

Jual beli dengan diskon berjangka waktu pada live streaming merupakan salah satu bentuk pemasaran penjualan untuk menarik minat konsumen untuk membeli suatu barang diskon yang diberikan penjual dalam hitungan waktu secara siaran langsung melalui platfrome shopee. Karena praktik jual beli ini baru di kalangan social media, maka apakah praktik tersebut sudah sesuai dengan presfektif fiqh Al-Ba’i. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui praktik jual beli dengan Diskon berjangka waktu pada live streaming yang dilakukan oleh MiaAmanda20 di aplikasi Shopee. dan (2) Untuk mengetahui tinjauan Fiqh Al-Ba’i terhadap jual beli dengan menggunakan Diskon berjangka waktu pada live streaming di Shopee Live. Penelitian ini didasarkan pada teori fiqh muamalah Maliyah mengenai akad yang digunakan yakni akad tijari karea akad tersebut membahas mengenai jual beli (Fiqh Al-Ba’i), selain itu penelitina ini menekankan kepada analisis penjualan dengan akad salam yang dimana objek penjualan jual beli tersebut diserahkan secara tangguh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yaitu memberikan analisis gambaran dan menjelaskan praktik jual beli dengan diskon berjangka waktu pada live streaming di aplikasi shopee. Sumber penelitian dari observasi, wawancara, buku-buku dan karya ilmiah lainnya ( skripsi, jurnal, artikel). Teknik pengumpulan data dengan obervasi, wawancara, studi dokumentasi, studi Pustaka. Hasil kesimpulan ini terdapat dua kesimpulan pertama, parktik jual beli dengan diskon berjangka waktu pada live streaming di aplikasi shopee oleh miaamanda20 merupakan jual beli yang semata-mata hanya untuk menarik minat pembeli tidak ada unsur selain itu. Kedua, berdasarkan presfektif fiqh al-Ba’I pelaksanaan praktik jual beli dengan diskon berjangka waktu pada live streaming shopee live di aplikasi shopee itu di perbolehkan karena, dalam praktik jual beli tersebut sudah sesuai dengan syarat dan rukun dalam jual beli sesuai dengan ketentuan fiqh Al-Ba’i yakni dalam transkasi jual beli antara penjual dan pembeli dilakukan secara suka sama suka diantara keduanya dan tidak adanya unsur yang mengharamkan secara syari’ah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Diskon Berjangka waktu; Fiqh Al-Ba’i
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Shelly Adinda Putri
Date Deposited: 13 May 2024 04:17
Last Modified: 13 May 2024 04:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87220

Actions (login required)

View Item View Item