Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik jual beli paket lebaran dan dihubungkan dengan UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen: Studi kasus Agen Paket Lebaran Kids & Moms Smart Kecamatan Balaendah

Cahyati, Mayang (2024) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik jual beli paket lebaran dan dihubungkan dengan UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen: Studi kasus Agen Paket Lebaran Kids & Moms Smart Kecamatan Balaendah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab i.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab ii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab iii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)

Abstract

Praktik jual beli paket lebaran merupakan kegiatan jual beli yang dilakukan oleh masyarakat di Kecamatan Balaendah. Jual beli pada paket lebaran menggunakan akad salam, yang mana termasuk jual beli menggunakan pesanan dengan spesifikasi tertentu, penyerahan barangnya ditangguhkan sedangkan pembayaran pada pesanan dilakukan dengan segera baik secara cicilan ataupun tunai. Praktik jual beli paket lebaran telah dilakukan oleh agen sebagai penjual dan bekerja sama pada owner sebagai penyedia dari paket lebaran kids & moms smart Kecamatan Balaendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hukum praktik jual beli paket lebaran dan boleh atau tidaknya melakukan jual beli terhadap adanya cashback berupa uang bagi pembeli yang mengikuti pembayaran cicilan dalam pemesanan pada paket lebaran di kids & moms smart Kecamatan Balendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian ini akan mengumpulkan dan mengkaji data primer yang diperoleh langsung dari objek penelitian melalui wawancara informan. Sedangakan metode penelitian yaitu menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif (descriptive research) adalah penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan atau menjelaskan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi tertentu. Hasil penelitian ini memberikan penjelasan mengenai: 1) Jual beli paket lebaran yang berisikan penawaran berupa cashback dalam bentuk jumlah uang adalah hal yang dibolehkan dalam Islam karena tujuan dari penawaran berupa cashback merupakan usaha penjual untuk menarik masyarakat dalam melakukan jual beli. 2) Jual beli paket lebaran kids & moms smart terdapat ketidakjelasan dalam penawaran pemesanan terhadap spesifikasi produknya. Hal ini dapat menimbukan pada pemesanannya menjadi samar-samar atau gharar. Praktik jual beli ini dikategorikan terkandung unsur gharar katsir. Jual beli yang menimbulkan unsur gharar katsir dilarang dalam Islam. Selain itu, pada praktiknya juga tidak sesuai kesepakatan awal dan akhir akad yaitu terkait ketentuan pengembalian produk apabila tidak dapat melakukan pencicilan paket. Maka praktik jual beli paket lebaran pada kids & moms smart adalah tidak sah dan tidak sesuai dengan ketentuan UU No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli; Paket Lebaran; Perlindungan Konsumen; Gharar
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Perjanjian dalam Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Mayang Cahyati
Date Deposited: 17 May 2024 06:36
Last Modified: 17 May 2024 06:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87528

Actions (login required)

View Item View Item