Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Debt To Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan sektor Telekomunikasi di Indonesia yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022

Sari, Silvia (2024) Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Debt To Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan sektor Telekomunikasi di Indonesia yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keputusan investor yang menggunakan profitabilitas sebagai tolak ukur untuk mempresentasikan besaran keuntungan yang akan diperoleh dari menginvestasikan asetnya pada suatu perusahaan yang tercermin dalam Return On Asset (ROA). Total Asset Turnover (TATO) mengukur kemampuan perusahaan dalam menggunakan aktiva yang dimilikinya, sedangkan Debt to Asset Ratio (DAR) merupakan rasio yang mengukur seberapa besar aktiva perusahaan dibiayai oleh utang atau seberapa besar utang perusahaan berpengaruh terhadap pengelolaan aktiva. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisa dan mendeskripsikan pengaruh Total Asset Turnover (TATO) Dan Debt to Asset Ratio (DAR) baik secara parsial maupun simultan terhadap Return On Asset (ROA) pada Sektor Perusahaan Telekomunikasi di Indonesia yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2013-2022. Kerangka teori yang digunakan pada penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi Total Asset Turnover (TATO), maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap Return On Asset (ROA) yang dimiliki. Sedangkan ketika Debt to Asset Ratio (DAR) mengalami kenaikan maka Return On Asset (ROA) akan menurun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data penelitian, yakni data sekunder dari Laporan Keuangan tahunan publikasi di website resmi masing-masing Perusahaan Sektor Telekomunikasi dan menggunakan data panel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji regresi data panel, dan uji hipotesis yaitu uji t (parsial), uji F (simultan), dan uji koefisien determinasi menggunakan software Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Total Assets Turnover (TATO) secara parsial berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) dengan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 2,515873 > 2,02619 dan nilai signifikan sebesar 0,0163 < 0.05, Debt to Asset Ratio (DAR) secara parsial berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) dengan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 4,070081 > 2,02619 dan nilai signifikan sebesar 0,0002 < 0,05, dan secara simultan Total Asset Turnover (TATO) dan Debt to Asset Ratio (DAR) berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) dengan F_hitung > F_tabel yaitu 11.19928 > 3.25192 dan koefisien determinasi sebesar 37,70% sedangkan sisanya sebesar 62.30% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Asset Turnover (TATO); Debt to Asset Ratio (DAR); Return On Asset (ROA);
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting
General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Sari Silvia
Date Deposited: 16 May 2024 08:35
Last Modified: 16 May 2024 08:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87563

Actions (login required)

View Item View Item