Efektivitas dakwah dengan akun instagram @taklimassunnah terhadap pemahaman Agama Followers

Amrullah, Muthi (2023) Efektivitas dakwah dengan akun instagram @taklimassunnah terhadap pemahaman Agama Followers. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_cover (1).pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_abstrak (1).pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar isi)
3_daftarisi (1).pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
4_bab1 (1).pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
5_bab2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (Bab 3)
6_bab3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text (Bab 4)
7_bab4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
8_daftarpustaka (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)

Abstract

Fenomena dakwah di Instagram memunculkan pertanyaan tentang efektivitas Instagram sebagai media dakwah. Dilansir dari detikInet, terdapat sejumlah komunitas hijrah di berbagai wilayah Indonesia yang memanfaatkan media sosial Instagram (Haryanto, 2017). Hal ini dilihat dari banyak ditemukannya kampanye gerakan hijrah di Instagram. Berdasarkan pengamatan peneliti pada tanggal 22 Januari 2023, ditemukan 13,2JT postingan tentang topik hijrah dengan tagar #hijrah. Hal ini menandakan bahwa tidak sedikit anak muda yang mempelajari agama melalui media sosial, salah satunya melalui Instagram. Akan tetapi, maraknya #hijrah di Instagram belum cukup untuk mengindikasikan berhasilnya dakwah. Fenomena hijrah di Instagram tidak menjamin adanya perubahan pada diri seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas akun instagram @talkimasunnah dari aspek bentuk dan isi pesan dakwah. Untuk mengetahui respon followers dari akun instagram @taklimasunnah, Untuk mengetahui cara followes memahamin isi dari akun instagram @taklimassunnah. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode deskriptif, peneliti menganalisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Data tersebut mungkin berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, foto, dokumen pribadi, memo dan dokumen resmi lainnya. (Moleong, 2010:11) Penelitian ini menghasilkan bahwa Dalam peningkatan pemahaman agama followers, pengelola akun instagram memiliki strategi yang cukup signifikan dalam meningkatkan pemahaman agama followers, yakni dengan menyajikan konten yang infografis dengan bahasa yang mudah dimengerti. Respon atau tanggapan pengguna instagram yang sebagai foloowers akun instagram @taklimassunnah bahwa, menurut 3 informan dalam penelitian ini masing-masing informan menyebutkan bahwa senang akan hadirnya akun instagram ini, dengan begitu mereka lebih mengetahui dan paham terhadap sunnahsunnah yang Rasulullah lakukan yang pastinya bisa diterapkan dalam kehidupan seharihari. Namun, dalam respon tersebut, terdapat salah satu informan yang menyatakan bahwa dalam menikmati konten tersebut, seharusnya design yang disajikan dalam konten dakwah harus lebih menarik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulakn bahwa pemahaman followers sudah cukup bagus dengan adanya akun instagram @taklimassunnah, karena karena dengan adanya akun instagram ini para followers bisa mendapat informasi yang baik dan akurat terkait pemahaman sunnah serta pemahaman agama lainnya yang tentunya memberikan manfaat dan implikasi yang signifikan dalam peningkatan pemahaman followers di kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Sosial; Instagram; Pemahaman Agama
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email muthiamrullah250@gmail.com
Date Deposited: 17 May 2024 07:15
Last Modified: 17 May 2024 07:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87580

Actions (login required)

View Item View Item