Hubungan motivasi belajar Al-Qur'an dan Hadits terhadap kemampuan tahfidz pada siswa kelas III MI Al-Ihya Tasikmalaya

Fitriani, Ani (2024) Hubungan motivasi belajar Al-Qur'an dan Hadits terhadap kemampuan tahfidz pada siswa kelas III MI Al-Ihya Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar memiliki peran penting dalam mendorong siswa agar senantiasa semangat dan rajin dalam mengikuti kegiatan belajar. Tinggi rendahnya motivasi dapat berdampak pada hasil belajar siswa termasuk pada hasil hafalan Al-Qur’an pada setiap siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dan kemampuan tahfidz serta mendeskripsikan hubungan dan pengaruh antar keduanya pada siswa MI Al-Ihya. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat hubungan motivasi belajar Al-Qur’an Hadits dengan kemampuan tahfidz siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 23 siswa kelas III MI Al-Ihya Tasikmalaya. Adapun instrumen yang digunakan yaitu angket untuk mengetahui motivasi belajar Al-Qur’an Hadits dan dokumentasi nilai ujian tahfidz siswa untuk mengetahui kemampuan tahfidz siswa. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik korelasi bivariate yang diawali dengan uji normalitas, kemudian uji korelasi dan menghitung koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa memiliki rata-rata nilai sebesar 77,91 termasuk pada kategori baik. Sedangkan rata-rata nilai kemampuan tahfidz sebesar 82,13 termasuk kategori sangat baik. Hubungan antara motivasi belajar Al-Qur’an Hadits dengan kemampuan tahfidz termasuk ke dalam kategori korelasi yang cukup atau sedang. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari hasil perhitungan uji korelasi product moment bahwa nilai rhitung sebesar 0,475. Nilai signifikansi 5% dan jumlah responden 23 maka diperoleh rtabel sebesar 0,396. Dengan demikian H1 diterima karena nilai rhitung (0,475) > rtabel (0,396). Artinya terdapat korelasi positif yang signifikan antara motivasi belajar Al-Qur’an Hadits dengan kemampuan tahfidz siswa. Hal ini ditunjukkan bahwa 22,56% pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan tahfidz.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; Kemampuan tahfidz; madrasah ibtidaiyah
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ani Fitriani
Date Deposited: 27 May 2024 04:13
Last Modified: 29 May 2024 03:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87608

Actions (login required)

View Item View Item