Pengukuran Intellectual Capital dan Kinerja Likuiditas terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting pada perusahaan industri crude palm oil yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi kasus pada PT. Astra Agro Lestari Tbk. periode 2013-2022

Zulhelmi, Tiara (2024) Pengukuran Intellectual Capital dan Kinerja Likuiditas terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting pada perusahaan industri crude palm oil yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi kasus pada PT. Astra Agro Lestari Tbk. periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, stakeholder tidak hanya menilai value perusahaan dari sisi finansialnya saja, namun juga dari sisi keberlanjutannya. Konsep triple bottom line mengedepankan kesetaraan antara 3P yaitu profit, people dan place, sehingga perusahaan perlu untuk melakukan pengungkapan social report kepada publik. Atas kebutuhan pengungkapan pada perusahaan (saham) syariah, muncul konsep disclosure dengan asas syariah yang disebut islamic social reporting (ISR). Gagasan ini memiliki peranan penting bagi perusahaan (saham) syariah dalam pengambilan keputusan manajerial, baik yang berkaitan dengan financial perusahaan, manajemen strategis maupun operasional. Secara umum, penelitian terhadap variabel ini dilakukan dalam rangka untuk mengurai hubungan antara faktor-faktor bebas, khususnya intellectual capital dan kinerja likuiditas terhadap faktor terikat yaitu ISR. PT. Astra Agro Lestari Tbk merupakan objek dalam penelitian ini, pemilihan perusahaan tersebut didasari atas penilaian kemampuan serta prestasi yang diperoleh perusahaan karena konsisten dalam mengungkapkan aktivitas sosial perusahaannya. Penelitian ini menggunakan pengujian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, dengan data yang diuji bersumber dari laporan keuangan tahunan dan keberlanjutan yang tersebar dari tahun 2013 hingga tahun 2022. Pengujian dilakukan melalui empat tahapan faktual melalui software SPSS for Windows versi 27.0 dan Microsoft Excel. Mengacu pada hasil olah data statistik, diketahui: 1) Secara parsial, intellectual capital tidak berpengaruh terhadap ISR dan memiliki arah hubungan negatif sebesar 8,7% pada PT. Astra Agro Lestari Tbk. periode 2013-2022; 2) Secara parsial, kinerja likuiditas yaitu current ratio (CR) dan cash ratio masing-masing berpengaruh positif terhadap ISR sebesar 42,4% dan 81,6% pada PT. Astra Agro Lestari Tbk. periode 2013-2022; serta 3) Secara simultan, intellectual capital dan kinerja likuiditas mempengaruhi ISR dengan hubungan positif sebesar 93,6% pada PT. Astra Agro Lestari Tbk. periode 2013-2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Intellectual Capital; Kinerja Likuiditas; CR; Cash Ratio; ISR
Subjects: Financial Economics, Finance
Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Cost Accounting
Accounting > Auditing
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Accounting > Private Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Tiara Zulhelmi
Date Deposited: 17 May 2024 06:27
Last Modified: 17 May 2024 06:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87616

Actions (login required)

View Item View Item