Pengaruh kinerja keuangan dan variabel makroekonomi terhadap harga saham syariah yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi empiris pada Perusahaan Konstruksi PT. Adhi Karya TBK periode 2013-2022

Anugrah, Raafi (2024) Pengaruh kinerja keuangan dan variabel makroekonomi terhadap harga saham syariah yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi empiris pada Perusahaan Konstruksi PT. Adhi Karya TBK periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover Skripsi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTARK)
Abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fluktuasi harga saham syariah PT. Adhi Karya Tbk berdasarkan teori trade off yang disebabkan oleh pengaruh Kinerja Keuangan PT. Adhi Karya Tbk yang diukur dengan Return on Assets, Return on Equity, dan Earning per Share serta dipengaruhi oleh Variabel Makroekonomi yang diukur dengan Inflasi, Nilai Tukar, dan PDB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kinerja Keuangan (ROA, ROE, dan EPS) dan Variabel Makroekonomi (Inflasi, Nilai Tukar, dan PDB) secara parsial dan simultan terhadap harga saham Syariah baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang pada perusahaan PT. Adhi Karya Tbk konstruksi yang terdaftar di ISSI periode 2013-2022. Kerangka teori dalam penelitian ini didasarkan pada teori sinyal yang menyatakan bahwa adanya asimetri informasi yang terjadi ketika pihak manajemen tidak menyampaikan semua informasi yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan di pasar modal. Investor memerlukan informasi untuk mendapatkan sinyal dalam melakukan investasi pada suatu perusahaan. Data yang diperoleh dalam penelitian ialah dari laporan keuangan PT. Adhi Karya Tbk periode 2013-2022 dari website resmi PT. Adhi Karya Tbk atau di www.adhi.co.id, website resmi Bank Indonesia atau www.bi.go.id, serta dari website Badan Statistik Indonesia atau www.bps.go.id. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah metode Error Correction Model (ECM). Hasil penelitian menunjukkan dalam jangka pendek variabel ROA, ROE, EPS, dan Inflasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham syariah sedangkan variabel Nilai Tukar dan PDB memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham syariah. Dalam jangka panjang, variabel ROA, dan ROE tidak memiliki pengaruh dan signifikan terhadap harga saham syariah sedangkan variabel EPS, Inflasi, Nilai Tukar dan PDB memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan; Variabel Makroekonomi; Harga Saham Syariah
Subjects: Econmics > Research Methods of Economic
Econmics > Economic Situation and Conditions
Financial Economics, Finance
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Raafi Anugrah
Date Deposited: 16 May 2024 09:10
Last Modified: 16 May 2024 09:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87631

Actions (login required)

View Item View Item