Strategi siaran kolaborasi radio Dakwah MQ FM Subang dalam meningkatkan atensi pendengar : Studi deskriptif di Radio MQ 104,9 FM Subang pada program siaran Mari Mengaji bersama Yayasan Indonesia Learning Quran

Wahyuni, Ayu Sri (2024) Strategi siaran kolaborasi radio Dakwah MQ FM Subang dalam meningkatkan atensi pendengar : Studi deskriptif di Radio MQ 104,9 FM Subang pada program siaran Mari Mengaji bersama Yayasan Indonesia Learning Quran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

Radio MQ FM Subang menjadi radio dakwah kontemporer dan interaktif satu-satunya di Kabupaten Subang. Mengenai upaya meningkatkan minat pendengar dalam memberikan atensi dalam siaran Mari Mengaji, Radio MQ FM Subang bekerjasama dengan Yayasan Indonesia Learning Quran. Dengan adanya kerjasama tersebut Radio MQ FM Subang berharap dapat mewujudkan kolaborasi siaran yang dapat menarik minat pendengar untuk memberikan atensi melalui whatsapp dan saluran telepon yang disediakan oleh Radio MQ FM Subang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang bagaimana strategi siaran kolaborasi Radio MQ FM Subang dalam meningkatkan atensi pendengar, khususnya pada program siaran Mari Mengaji yang disiarkan oleh Radio MQ FM Subang. Fokus penelitian ini mencakup tiga aspek utama yaitu perencanaan komunikator, perencanaan pesan, dan perencanaan target audiens. Adapun teori penelitian ini menggunakan teori CMC (Computer Mediated Communication) yang digunakan sebagai acuan untuk menganalisis temuan pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan gambaran dari proses yang mendalam tentang strategi siaran kolaborasi Radio MQ FM Subang dalam meningkatkan atensi pendengar. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara,observasi, serta dokumentasi untuk mendapatkan data yang valid mengenai strategi siaran kolaborasi Radio MQ FM Subang dalam meningkatkan atensi pendengar. Setelah melalukan proses pengumpulan data, peneliti menganalisis data menggunakan konsep koding Miles et.al, 2014 dengan mengidentifikasi kata atau kalimat kepada lima macam pengelompokkan yaitu descriptive, emotion, process, values, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi perencanaan Radio MQ FM Subang dalam meningkatkan atensi pendengar terbagi tiga aspek. Pertama perencanaan komunikator menunjukkan cara menentukan penyiar, cara penyiar berkomunikasi dan merespon pendengar, membangun kedekatan dengan pendengar. Sedangkan pada perencanaan pesan hasi penelitian menunjukkan cara pemilihan dan penyusunan pesan, memastikan pesan tersampaikan, menyertakan atensi, menyajikan informasi, dan memastikan pesan dapat mempengaruhi pendengar. Adapun pada perencanaan target audiens menunjukkan bagaimana analisis demografis dan psikografis, menyajikan siaran radio melalui streaming online, menarik audiens untuk ikut berpartisipasi, mengarahkan target audiens dapat berbagi pemikiran. Kesimpulan dari penelitian ini jumlah peningkatan atensi pada siaran Mari Mengaji dengan Yayasan Indonesia Learning Quran didukung dengan perencanaan komunikator, pesan, dan target audiens.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Radio; Kolaborasi; Atensi; Program Mari Mengaji
Subjects: Preaching, Homiletics
Islam
Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Wahyuni Ayu Sri
Date Deposited: 17 May 2024 06:27
Last Modified: 17 May 2024 06:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87639

Actions (login required)

View Item View Item