Bimbingan keagamaan melalui pengajian pada anak-anak untuk mengurangi kecanduan gadget: penelitian deskriptif di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Sunan Gunung Geulis Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang

Rukmini, Rukmini (2024) Bimbingan keagamaan melalui pengajian pada anak-anak untuk mengurangi kecanduan gadget: penelitian deskriptif di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Sunan Gunung Geulis Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan gadget telah menjadi tak terpisahkan. Meskipun membawa dampak positif penggunaan yang berlebihan, terutama pada anak-anak telah menimbulkan dampak negatif yang memperihatinkan yaitu : (1) gangguan psikologis (2)sosial (3)perilaku kekerasan atau agresif. Oleh karena itu upaya bimbingan keagamaan melalui pengajian untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak-anak dan memupuk minat baru dalam studi keagamaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk : (1) mengetahui kondisi perilaku anak-anak (2) mengetahui program kegiatan untuk mengurangi kecanduan gadget(3)mengetahui hasil program bimbingan keagamaan untuk mengurangi Kecanduan gadget pada anak-anak di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Sunan Gunung Geulis Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Dalam penelitian ini menggunakan teori behavioristik yang menganalisis pada perubahan-perubahan sikap dan perilaku terhadap pengalaman lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpalan data digunakan Teknik observasi dan wawancara yang kemudian dilengkapi dengan Teknik data verbatim. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis untuk mendapatkan hasil dan ditarik menjadi sebuah kesimpulan hasil penelitian. Metode penelitian ini digunakan karena peneliti ingin mengupas permasalahan yang sedang dialami masyarakat khususnya orangtua yang memiliki anak kecil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Sunan Gunung Geulis Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang mengalami kecanduan gadget yang sangat memperihatinkan dari 100 anak yang mengaji hanya 5% saja yang tidak mengalami kecanduan gadget. jika masalah ini dibiarkan maka akan menghawatirkan dapat timbulnya masalah pada anak-anak yang tidak mengalami kecanduan gadget. namun setelah mengkuti bimbingan keagamaan melalui pengajian dan melalui beberapa metode yang dilakukan oleh guru ngaji yaitu belajar sambil bermain (1) memperkenalkan permainan diluar gadget (2) memperkenalkan dan mengajarkan cara bermain alat musik (3)mengikut sertakan perlombaan, banyak anak-anak yang mengalami perubahan. Pengajian memiliki manfaat yang luar biasa khususnya orangtua yang memiliki anak kecil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Gadget; Pengajian
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Rukmini Rukmini Rukmini
Date Deposited: 17 May 2024 07:24
Last Modified: 17 May 2024 07:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87642

Actions (login required)

View Item View Item