Pengaruh metode edutainment terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Insan Qur'ani Kabupaten Garut: Penelitian quasi eksperimen

Azzahra, Tiara Mudi (2024) Pengaruh metode edutainment terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Insan Qur'ani Kabupaten Garut: Penelitian quasi eksperimen. Sarjana thesis, UIN SUnan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (817kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy

Abstract

Tiara Mudi Azzahra. 1202090098. 2024. “Pengaruh Metode Edutainment Terhadap Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas V di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Insan Qur’ani Kabupaten Garut” (Penelitian Quasi Eksperimen). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Arab. Terdapat 21 dari 45 atau 47% peserta didik kelas V di SD IT Bina Insan Qur’ani yang mendapati nilai dibawah KKM. Rendahnya keterampilan berbicara disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu penerapan metode pembelajaran yang kurang efektif. Keterampilan berbicara siswa dapat ditingkatkan dengan memperbaiki metode pembelajaran. Banyak metode pembelajaran interaktif yang dapat diterapkan, peneliti menerapkan metode edutainment di kelas V-A dan metode jigsaw di kelas V-B. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas V dengan menggunakan metode edutainment di kelas eksperimen (2) keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas V dengan menggunakan metode jigsaw di kelas kontrol (3) peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab kelas V setelah menggunakan metode edutainment (4) perbedaan rata-rata peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas V yang menggunakan metode edutainment dengan siswa yang menggunakan metode jigsaw. Dengan menggunakan metode edutainment yang menggabungkan antara pendidikan dengan hiburan atau permainan, dapat menumbuhkan semangat dalam kegiatan belajar, meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat motivasi belajar, mengembangkan keterampilan sosial siswa, dan mengurangi rasa bosan saat pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Desain. Penelitian ini dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD IT Bina Insan Qur’ani. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 23 orang, dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest sebelum diterapkan treatment di kelas eksperimen memperoleh nilai 75, sedangkan di kelas kontrol memperoleh nilai 73,25, kedua kelas berada di kategori cukup. Peningkatan kedua kelas terlihat dari hasil uji N-gain, kelas eksperimen memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,31 berada pada kategori sedang. Sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,18 berada pada kategori rendah. Terdapat perbedaan rata-rata peningkatan antara kedua kelas yang dibuktikan dengan uji t-independent. Hasilnya menunjukkan nilai asymp.sig. sebesar 0,001 yang berarti < 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis diterima dan terdapat perbedaan nlai rata-rata peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa yang menggunakan metode edutainment dengan siswa yang menggunakan metode jigsaw.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara; Metode edutainment; Metode jigsaw
Subjects: Arabic
Education > General Publications of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tiara Mudy Azahra
Date Deposited: 17 May 2024 06:55
Last Modified: 17 May 2024 06:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87665

Actions (login required)

View Item View Item