Menganalisis Cash Holding melalui Sales Growth dan leverage pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Elnusa Tbk periode 2013-2022

Alkhaniza, Aisyah (2024) Menganalisis Cash Holding melalui Sales Growth dan leverage pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Elnusa Tbk periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh hipotesis yang menyebutkan bahwa peranan kas merupakan aset yang likuid memungkinkan perusahaan untuk memenuhi kewajib¬an jangka pendek serta memanfaatkan peluang yang muncul yaitu disebut rasio Cash Holding. Rasio ini dipengaruhi oleh adanya pertumbuhan penjualan, artinya perusahaan yang mengalami peningkatan dalam penjualan biasanya akan meningkat cadangan kas yang disimpan sebagai persiapan untuk kebutuhan modal kerja dan investasi yang akan datang. Di sisi lain, perusahaan uang memiliki Tingkat Leverage atau utang yang lebih tinggi biasanya memiliki cadanngan kas yang lebih sedikit, karena kas tersebut sebagian besar digunakan untuk membayar utang pada perusahaan. Arah penelitian ini ialah untuk mengukur dampak secara parsial Sales Growth terhadap Cash Holding, Leverage terhadap Cash Holding dan dampak secara simultan pada Sales Growth dan Leverage terhadap Cash Holding pada PT. Elnusa Tbk Periode 2013-2022. Penelitian ini menerapkan kerangka strategi pada kuantitatif data yang dipergunakan yakni data sekunder berupa seri waktu yang berasal dari annual report PT Elnusa Tbk periode 2013-2022. Analisa yang dilakukan mencakup pengujian asumsi klasik, analisis korelasi serta pengujian signifikansi. Proses olah data dilakukan dengan mencakup perangkat lunak SPSS for windows versi 26.0 dan Micfosoft Excel 2019 menjadi alat pendukung dalam proses pengolahaan data. Berdasarkan temuan penelitian ini, terlihat bahwa: (1) tidak ada pengaruh signifikan dari pertumbuhan penjualan terhadap cadangan kas, seperti hasil riset dari nilai uji t yang mencapai -1,563 dan koefisien determinasi yang berada pada angka 23,4%; (2) Leverage menunjukan tidak adanya dampak yang signifikan terhadap cadangan kas, yang didukung oleh hasil uji t sebesar -0,145 dan sebuah koefisien determinasi yang sangat rendah, yaitu 0,3%; (3) ketika dianalisi secara bersamaan, pertumbuhan penjualan dan utang tidak menghasilkan pengaruh yang signifikan terhadap cadangan kas, dibuktikan dengan nilai uji f sebesar 1,080 dan koefisien determinasi sebesar 23,6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sales Growth; Leverage; Cash Holding
Subjects: Business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Aisyah Al Khaniza
Date Deposited: 27 May 2024 06:08
Last Modified: 29 May 2024 01:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87754

Actions (login required)

View Item View Item