Pengaruh kompetensi pedagogik guru dan media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap prestasi kognitif siswa dalam Mata Pelajaran PAI: Penelitian terhadap Siswa Kelas VIII SMPN 23 Bandung

Mardiyah, Siti (2017) Pengaruh kompetensi pedagogik guru dan media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap prestasi kognitif siswa dalam Mata Pelajaran PAI: Penelitian terhadap Siswa Kelas VIII SMPN 23 Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Pengamatan awal yang dilakukan di SMPN 23 Bandung, ternyata dilapangan terdapat permasalahan yang berkenaan dengan rendahnya prestasi kognitif siswa. Hal ini terbukti dengan hasil ulangan yang diperoleh banyak siswa dibawah KKM. Guru dalam proses pembelajaran masih bersifat konvensional / berpusat pada guru (teacher centered), metode yang digunakan tidak variatif, materi yang diajarkan hanya bersumber dari buku paket, jarang menggunakan media pembelajaran seperti Powerpoint, CD interaktif, dan Video Pembelajaran.Media pembelajaran yang terdapat di sekolah khususnya in focus masih kurang, sebagian sudah tidak berfungsi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh kompetensi pedagogik guru dan media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap prestasi kognitif siswa dalam mata pelajaran PAI di lapangan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan khazanah pengetahuan mengenai kompetensi pedagogik guru dan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan prestasi kognitif siswa demi tercapainya tujuan pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriftif teknik survei. Adapun teknik pengolahan data penelitian dengan teknik analisis statistika menggunakan software 23,0 for window. Pengumpulan data yang digunakan diantaranya melalui angket, wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Angket disebarkan kepada 67 siswa sebagai responden dari variabel X1, variabel X2, dan variabel Y sebanyak 20 item pertanyaaan untuk setiap variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi kognitif siswa dalam mata pelajaran PAI terdapat korelasi yang signifikan dengan memberikan kontribusi sebesar 25,2 %, sedangkan faktor-faktor sisanya 74,8% dipengaruhi faktor-faktor lainnya. 2) Pengaruh Media Pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap prestasi kognitif siswa dalam mata pelajaran PAI terdapat korelasi yang signifikan dengan memberikan kontribusi sebesar 25,8 %, sedangkan sisanya 74,2 % dipengaruhi faktor-faktor lainnya. 3) Pengaruh kompetensi pedagogik guru dan media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap prestasi kognitif siswa dalam mata pelajaran PAI terdapat korelasi yang signifikan dengan memberikan kontribusi sebesar 51 % , sedangkan sissanya 49 % dipengaruhi faktor –faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pedagogik Guru
Subjects: Animal Husbandry > Education, Research, Related Topics
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Mardiyah
Date Deposited: 30 Apr 2018 08:23
Last Modified: 11 Jan 2022 08:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/8777

Actions (login required)

View Item View Item