Safarina, Witriani Siti (2024) Logika desain pesan pada konten dakwah akun instagram @cerita.jarrah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (639kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan seiring berkembangnya teknologi di era new media. Internet menjadi salah satu media yang paling dominan dalam berbagai aktifitas manusia, termasuk dalam kegiatan berdakwah. Hal tersebut bisa terlihat dari semakin beragamnya kegiatan dakwah saat ini dikarenakan terdapat penyesuaian dakwah dengan kebutuhan masyarakat serta strategi yang cocok dengan mad’unya. Dalam penyampaian pesan dakwah melalui media sosial pun akan terus bersaing dengan sistem sosial sehingga diperlukan keterfokusan pada bagaimana agar pesan yang disampaikan dapat terkemas dengan menarik dan pesan yang dibentuk seperti apa yang paling banyak diterima oleh khalayak salah satunya dengan didukung inovasi serta kreatifitas. Dan salah satu akun instagram yang menghadirkan konten dakwah dengan desain pesan yang beragam yaitu @cerita.jarrah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: a) logika ekspresif dalam pesan pada konten dakwah akun instagram @cerita.jarrah, b) logika konvensional dalam pesan pada konten dakwah akun instagram @cerita.jarrah, c) logika retoris dalam pesan pada konten dakwah akun instagram @cerita.jarrah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode kualitatif deskriptif yaitu metode yang dilakukan melalui pengamatan/observasi, wawancara, dan studi dokumen. Sumber data diperoleh dari kegiatan wawancara dengan pemilik sekaligus ilustrator dari akun instagram @cerita.jarrah serta dari kegiatan observasi terhadap konten-konten dakwah yang terdapat pada akun instagram @cerita.jarrah. Hasil Penelitian dalam akun instagram @cerita.jarrah terdapat tiga jenis logika desain; logika ekspresif, logika konvensional, dan logika retorika. Logika ekspresif dalam konten dakwah pada akun instagram @cerita.jarrah di antaranya di desain dengan menggunakan emotikon serta bahasa non formal, pesan yang terbentuk dengan logika ekspresif lebih berorientasi pada emosi dan keinginan dari komunikator namun tetap disampaikan sebagai pesan nasihat maupun masukan untuk penerima pesan. Kemudian logika konvensional dalam konten dakwah akun instagram @cerita.jarrah di desain dengan menggunakan bahasa formal, dengan menampilkan potongan ayat Al-Quran maupun Hadits, atau juga dengan menghadirkan kutipan dari tokoh. Kemudian pada pesan dengan logika retorika, pesan yang di desain banyak yang berupa slogan, dan menggunakan kalimat sebab akibat. Logika retorika ini sangat banyak digunakan dalam pembentukan pesan dalam akun instagram @cerita.jarrah. Pesan yang dibentuk dengan logika retorika ini mendapatkan lebih banyak like dari pengikutnya dibanding dengan pesan yang dibentuk dengan logika desain pesan lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Logika Desain; Konten; Dakwah; Instagram |
Subjects: | Special Computer Methods > Online Social Network Islam > Islam and Arts Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Witriani Siti Safarina |
Date Deposited: | 20 May 2024 02:20 |
Last Modified: | 20 May 2024 02:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87796 |
Actions (login required)
View Item |