Agniati, Wafiq Nur (2024) Persepsi mahasiswa dalam Momentum Piala Dunia Qatar 2022 terhadap simbol-simbol dakwah pada mahasiswa Komunikasi dan penyiaran Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (441kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (970kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
Abstract
Dakwah harus menggunakan pendekatan yang dapat merespon setiap aspek kehidupan manusia. Mereka juga harus mampu mengatasi dan menetralisir konflik sosial yang muncul. Oleh karena itu, strategi adalah kombinasi dari manajemen dakwah dan perencanaan. Di era teknologi yang terus berkembang ini, dakwah tidak hanya disebarkan melalui televisi, radio, media cetak, dan media teknologi lainnya. Pelaksanaan Piala Dunia 2022 di Qatar menunjukkan bahwa ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk menyebarkan Islam yang dimaknai sebagai suatu simbol dakwah. Persepsi manusia tentunya tidak akan sama dalam memaknai suatu hal karena pengetahuan dan pengalaman yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan persepsi Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam yang ditekankan pada indikator stimulus, organim serta respon terhadap simbol-simbol dakwah pada momentum Piala Dunia Qatar 2022. Kerangka pemikiran ini dituangkan dalam bentuk desain penelitian yang akan diturunkan sebagai indikator untuk membuat instrument penelitian. Desain penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas adalah persepsi Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Bandung angkatan 2020 (X) dan variabel terikat adalah simbol dakwah dalam Piala Dunia Qatar 2022 (Y). Berlandaskan pada aspek variabel persepsi Mahasiswa KPI UIN Bandung Angkatan 2020 yakni stimulus, organism, respon sesuai dengan teori yang digunakan yaitu teori S-O-R (Stimulus-Organism-Respon) serta aspek simbol dakwah yaitu seni, bahasa, dan pengetahuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan sampel populasi. Persepsi yang dilakukan pada penelitian ini didapat menggunakan kuesioner. Mahasiswa terhadap Piala Dunia Qatar 2022 dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh/tidak adanya persepsi Mahasiswa KPI angkatan 2020 terhadap simbol dakwah dengan nilai signifikan sebesar 0,00 < α0.05 yang menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dengan hasil tersebut maka disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima artinya variabel persepsi Mahasiswa terhadap Piala Dunia Qatar 2022 (X) berpengaruh terhadap variabel simbol dakwah Piala Dunia Qatar 2022 (Y). Hal ini menunjukkan bahwa variabel persepsi Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Angkatan 2020 berpengaruh positif terhadap Simbol dakwah pada momentum Piala Dunia Qatar 2022. Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Gunung Djati angkatan 2020 rata-rata memiliki persepsi positif terhadap pemahaman dan pengetahuan simbol dakwahnya melalui stimulus, organism, dan respon.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi; Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Angkatan 2020; Simbol dakwah; Piala Dunia Qatar 2022 |
Subjects: | Islam Islam > Islam and Arts Islam > Da'wah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Wafiq Nur Agniati |
Date Deposited: | 20 May 2024 03:14 |
Last Modified: | 20 May 2024 03:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87797 |
Actions (login required)
View Item |