Penerapan metode Mimicry Memorization (Mim-Mem Method) untuk mengenalkan Asmaul Husna pada anak usia dini : Penelitian tindakan kelas di kelompok B RA Nurul Amal Cileunyi

Tazmahal, Shera Caesar (2024) Penerapan metode Mimicry Memorization (Mim-Mem Method) untuk mengenalkan Asmaul Husna pada anak usia dini : Penelitian tindakan kelas di kelompok B RA Nurul Amal Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan mengenal kalimat Asmaul Husna, yang berdampak pada aspek perkembangan anak usia dini, diantaranya adalah anak kesulitan ketika harus mengingat kalimat Asmaul Husna, karena metode yang digunakan masih kurang efektif, dan kurang menyenangkan yaitu hanya dengan mengucap ulang kata dalam penyampaian kalimat Asmaul Husna. Sehingga, membuat suasana pembelajaran menjadi membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) kemampuan mengenal kalimat Asmaul Husna pada anak usia dini di RA Nurul Amal sebelum menerapkan metode Mimicry Memorization (Mim-Mem Method) ; 2) proses penerapan metode Mimicry Memorization (Mim-Mem Method) untuk meningkatkan kemampuan mengenal Kalimat Asmaul Husna pada anak usia dini di RA Nurul Amal pada setiap siklus; dan 3) peningkatan kemampuan mengenal kalimat Asmaul Husna pada anak usia dini di RA Nurul Amal setelah menggunakan metode Mimicry Memorization (Mim-Mem Method) pada setiap siklus. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa mengenalkan Asmaul Husna untuk membawakan isi makna dari kalimat Asmaul Husna, Selain itu dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan religius anak dapat diberikan bentuk lagu atau nyanyian sederhana yang berhubungan dengan pendidikan agama Islam. Dari asumsi tersebut maka diajukan hipotesis, melalui metode Mimicry Memorization diduga dapat meningkatkan kemampuan mengenal kalimat Asmaul Husna di kelas B RA Nurul Amal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, displaydata, kesimpulan, dan verifikasi. Subjek/responden dalam penelitian ini adalah siswa/i RA Nurul Amal yang berjumlah 24 orang pada Tahun Ajaran 2022/2023.Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa mengenalkan Asmaul Husna menggunakan metode Mimicry Memorization sebelum dilakukan tindakan memperoleh nilai rata-rata 34% dengan kriteria kurang sekali. Proses penerapanmetode Mimicry Memorization dilihat dari aktivitas guru dan anak, pada siklus I aktivitas guru mencapai 61% dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi75% dengan kriteria baik. Demikian pula aktivitas anak pada siklus I mencapai 51% dengan kriteria kurang, pada siklus II meningkat menjadi 56% dengan kriteria baik. Adapun pada siklus I kemampuan belajar individu anak memperoleh nilai rata-rata 54% dengan kriteria cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,5% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Mimicry Memorization; Asmaul Husna; Anak Usia Dini
Subjects: Adult Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Athletic and Outdoor Sports
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: shera caesar tazmahal
Date Deposited: 21 May 2024 02:43
Last Modified: 21 May 2024 02:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87835

Actions (login required)

View Item View Item