Tazmahal, Shera Caesar (2024) Penerapan metode Mimicry Memorization (Mim-Mem Method) untuk mengenalkan Asmaul Husna pada anak usia dini : Penelitian tindakan kelas di kelompok B RA Nurul Amal Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan mengenal kalimat Asmaul Husna, yang berdampak pada aspek perkembangan anak usia dini, diantaranya adalah anak kesulitan ketika harus mengingat kalimat Asmaul Husna, karena metode yang digunakan masih kurang efektif, dan kurang menyenangkan yaitu hanya dengan mengucap ulang kata dalam penyampaian kalimat Asmaul Husna. Sehingga, membuat suasana pembelajaran menjadi membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) kemampuan mengenal kalimat Asmaul Husna pada anak usia dini di RA Nurul Amal sebelum menerapkan metode Mimicry Memorization (Mim-Mem Method) ; 2) proses penerapan metode Mimicry Memorization (Mim-Mem Method) untuk meningkatkan kemampuan mengenal Kalimat Asmaul Husna pada anak usia dini di RA Nurul Amal pada setiap siklus; dan 3) peningkatan kemampuan mengenal kalimat Asmaul Husna pada anak usia dini di RA Nurul Amal setelah menggunakan metode Mimicry Memorization (Mim-Mem Method) pada setiap siklus. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa mengenalkan Asmaul Husna untuk membawakan isi makna dari kalimat Asmaul Husna, Selain itu dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan religius anak dapat diberikan bentuk lagu atau nyanyian sederhana yang berhubungan dengan pendidikan agama Islam. Dari asumsi tersebut maka diajukan hipotesis, melalui metode Mimicry Memorization diduga dapat meningkatkan kemampuan mengenal kalimat Asmaul Husna di kelas B RA Nurul Amal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, displaydata, kesimpulan, dan verifikasi. Subjek/responden dalam penelitian ini adalah siswa/i RA Nurul Amal yang berjumlah 24 orang pada Tahun Ajaran 2022/2023.Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa mengenalkan Asmaul Husna menggunakan metode Mimicry Memorization sebelum dilakukan tindakan memperoleh nilai rata-rata 34% dengan kriteria kurang sekali. Proses penerapanmetode Mimicry Memorization dilihat dari aktivitas guru dan anak, pada siklus I aktivitas guru mencapai 61% dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi75% dengan kriteria baik. Demikian pula aktivitas anak pada siklus I mencapai 51% dengan kriteria kurang, pada siklus II meningkat menjadi 56% dengan kriteria baik. Adapun pada siklus I kemampuan belajar individu anak memperoleh nilai rata-rata 54% dengan kriteria cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,5% dengan kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Mimicry Memorization; Asmaul Husna; Anak Usia Dini |
Subjects: | Adult Education Adult Education > Adult Education in Indonesia Accounting Accounting > Education, Research of Accounting Athletic and Outdoor Sports |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | shera caesar tazmahal |
Date Deposited: | 21 May 2024 02:43 |
Last Modified: | 21 May 2024 02:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87835 |
Actions (login required)
View Item |