Pengaruh hedonisme, literasi keuangan dan religiusitas terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam perspektif ekonomi Islam : Studi kasus pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Hizbullah, Muhammad Ruri (2023) Pengaruh hedonisme, literasi keuangan dan religiusitas terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam perspektif ekonomi Islam : Studi kasus pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. BAB 1.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Demi kemaslahatan umum, Islam mengajarkan umatnya bagaimana cara berkonsumsi dengan baik, sesuai dengan kebutuhan dan manfaat dari barang yang dikonsumsi bukan hanya dari keinginannya semata. Namun dewasa ini gaya hidup manusia terus meningkat tak terkecuali mahasiswa UIN Bandung, para mahasiwa selalu ingin memiliki segala macam hal baik jasa atau produk, hanya karena ingin terlihat mewah, hingga yang mereka inginkan bukan lagi yang mereka butuhkan, kebiasaan tersebut mengarahkan mereka untuk berperilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh variabel hedonisme terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UIN Bandung, besar pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UIN Bandung, besar pengaruh religiusitas terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UIN Bandung serta besar pengaruh hedonisme, literasi keuangan dan religiusitas terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UIN Bandung. Hedonisme adalah pandangan yang menganggap bahwa kesenangan merupakan tujuan paling utama dalam hidup seseorang. Literasi keuangan adalah pengetauan dan keterampilan sesorang dalam mengelola keuangannya. Religiusitas adalah tingkat kepatuhan seseorang untuk beribadah kepada agama yang dianutnya. Perilaku konsumtif merupakan kebiasaan seseorang untuk membeli barang atau jasa secara berlebih-lebihan tanpa menimbang manfaatnya, sedangkan dalam Islam sangat diharuskan untuk mendahulukan kebutuhan dharuriyat (primer), hajiyat (sekunder) dan tahsiniyat (tersier). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan UIN Bandung. Peneliti mengambil 200 sampel responden menggunakan teori Roscoe. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner secara online dan studi pustaka. Analisis statistik yang digunakan meliputi uji deskriptif data, uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien determinasi, uji normalitas, uji multikolinearitas, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesi. Dalam penelitian ini hedonisme (X1) memiliki nilai thitung sebesar 7.735 > 1,652 artinya hedonisme (X1) berpengaruh secara parsial terhadap perilaku konsumtif (Y). Untuk literasi keuangan nilai thitung sebesar 0,985 < 1,652 artinya literasi keuangan (X2) tidak berpengaruh secara parsial terhadap perilaku konsumtif (Y). Untuk religiusitas nilai thitung sebesar 2,186 > 1,652 yang mana nilainya positif artinya religiusitas (X3) secara parsial tidak menurunkan tingkat perilaku konsumtif (Y). Pada uji simultan Fhitung memiliki nilai 24,428 > 3,04 artinya hedonisme (X1), literasi keuangan (X2) dan religiusitas (X3) berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumtif (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hedonisme; Literasi Keuangan; Religiusitas; Perilaku Konsumtif
Subjects: Econmics
Econmics > Systems, School and Theories of Economic
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Ruri Hizbullah
Date Deposited: 22 May 2024 04:13
Last Modified: 22 May 2024 04:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87846

Actions (login required)

View Item View Item