Rosbaeni, Susi Siti (2024) Strategi program radio Nata Bewara Swara (NBS) dalam membangun eksistensi siaran radio streaming. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi .pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (588kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (835kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
Abstract
Radio sebagai media massa yang terus bertransformasi seiring perkembangan teknologi dengan lahirnya radio streaming. Salah satu radio tersebut adalah radio Nata Bewara Swara (NBS) yang menyiarkan programnya secara online selama 24 jam. Radio yang memiliki program musik dan program informasi ini tentu memiliki strategi khusus untuk membangun eksistensi siarannya sebagai radio streaming. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penyiaran program musik dan program informasi di Radio NBS dalam membangun eksistensi siaran radio streaming. Adapun penelitian ini menggunakan konsep strategi program Peter Pringle yang terdiri dari perencanaan, produksi dan pembelian, eksekusi, dan pengawasan serta evaluasi program. Konsep ini digunakan karena peneliti akan mendalami strategi yang dilakukan radio NBS dalam menyusun programnya mulai dari awal sampai akhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pemilik radio, kepala studio, support director, tim kreatif, dan penyiar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi program musik menerapkan perencanaan dengan mengedepankan kebutuhan pendengar namun tetap melihat perkembangan musiknya. Sumber musiknya didapatkan dari hasil produksi sendiri dan memiliki bank lagu khusus serta hasil kerja sama dengan label musik. Eksekusi programnya mengedepankan strategi penyiar dengan menyesuaikan karakter program musiknya masing-masing. Kemudian pengawasan dan evaluasi dilakukan sebulan sekali untuk membahas seputar programnya. Adapun strategi program informasi di NBS adalah merencanakan informasi-informasi ringan, hangat, dan beragam. Sebagian besar produksinya dilakukan di dalam studio dan penyiar harus mendalami suasana dalam informasi tersebut. Sedangkan untuk pengawasan dan evaluasinya tidak berbeda jauh dengan program musik yaitu melihat rating pendengar. Kesimpulannya bahwa radio NBS berusaha menghadirkan program musik dan informasi yang memiliki ciri khas yang dibangun berdasarkan sasaran dan kebutuhan pendengarnya yang berusia dewasa ke atas. Selain itu, eksistensi yang dibangun melalui programnya ini dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki radio NBS sendiri, seperti pengalaman para kru, kecanggihan teknologi streaming, dan timbal balik pendengarnya. Selain itu, NBS sangat menjaga hubungan baik dengan pendengarnya, sehingga dapat menciptakan kepercayaan dari mereka.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi program; Penyiaran; Radio Streaming |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Communications Telemunications Communications Telemunications > Radio Broadcasting |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Susi Siti Rosbaeni |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:28 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87893 |
Actions (login required)
View Item |