Hubungan anTara aktivitas menggunakan media origami dengan kecerdasan visual-spasial anak usia dini: Penelitian di RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung

Gandaraputri, Hayuni (2023) Hubungan anTara aktivitas menggunakan media origami dengan kecerdasan visual-spasial anak usia dini: Penelitian di RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya fenomena yang ditemukan di lapangan yaitu di Kelompok A RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung menunjukkan adanya ketidakseimbangan antara aktivitas menggunakan media origami dengan kecerdasan visual-spasial anak usia dini. Hal ini terlihat dari tingginya antusias anak pada penggunaan media origami, tetapi kecerdasan visual-spasial anak usia dini mengalami kendala seperti anak belum mengenal bentuk geometri, belum bisa menggunting sesuai pola, belum bisa melipat sesuai garis dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui: 1) aktivitas menggunakan media origami di Kelompok A RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung; 2) kecerdasan visual-spasial anak usia dini di Kelompok A RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung; dan 3) hubungan antara aktivitas menggunakan media origami dengan kecerdasan visual-spasial anak usia dini di Kelompok A RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung. Kecerdasan visual-spasial adalah suatu kemampuan untuk memahami dunia visual (ruang) dan spasial (gambar), kecerdasan visual-spasial pada anak usia dini ditandai ketika anak lebih mudah memahami sesuatu melalui gambar bukan kata-kata atau kalimat. Perkembangan kecerdasan visual-spasial pada anak usia dini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu aktivitas menggunakan media origami. Media origami adalah salah satu media yang dapat mendukung adanya koordinasi antara visual dengan kepekaan anak terhadap bentuk, warna, garis, dan ukuran sehingga dapat mendukung dalam segi kecerdasan visual-spasial anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, unjuk kerja, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah anak-anak Kelompok A RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung yang berjumlah 16 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas menggunakan media origami berada pada kategori baik dengan perolehan skor rata-rata 76, angka tersebut berada pada interval 70-79. Sedangkan kecerdasan visual-spasial anak usia dini berada pada kategori sangat baik dengan perolehan nilai rata-rata 87 karena berada pada interval 80-100. Terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas menggunakan media origami dengan kecerdasan visual-spasial anak di Kelompok A RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung, yang memiliki hubungan kuat/tinggi dengan harga korelasi 0,775 yang berada pada interval 0,600-0,799. Hasil uji hipotesis diperoleh harga t_hitung = 4,587 dan t_tabel = 2,143. Karena t_hitung > t_tabel maka hipotesis alternaif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Kontribusi aktivitas penggunaan media origami terhadap kecerdasan visual-spasial anak usia dini ini sebesar 60,06%, terdapat 39,94% kecerdasan visual-spasial anak usia dini dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini; Kecerdasan Visual-Spasial; Media Pembelajaran; Origami
Subjects: Education, Research
Education
Arts
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hayuni Gandaraputri
Date Deposited: 27 May 2024 08:20
Last Modified: 28 May 2024 03:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88062

Actions (login required)

View Item View Item