Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Net Profit margin (NPM) terhadap harga saham: Studi pada PT. Vale Indonesia Tbk periode 2013-2022

Abidzikra, Muhammad (2024) Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Net Profit margin (NPM) terhadap harga saham: Studi pada PT. Vale Indonesia Tbk periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan melihat era perkembangan perekonomian yang semakin meningkat ini, yang menghasilkan kemudahan bagi masayarakat dalam melakukan transaksi ekonomi dengan mudah melalui berbagai cara. Salah satunya yaitu kegiatan investasi yang dilakukan melalui pasar modal. Saham merupakan salah satu instrument pasar modal yang paling menarik minat investor karena dapat memberikan tingkat keungtungan yang menarik. Harga saham adalah salah satu hal yang dijadikan indikator pengelolaan Perusahaan yang menunjukkan akan nilai dari suatu prestasi Perusahaan. Keberhasilan dalam menghasilkan keuntungan akan memberikan kepuasan bagi para investor. Semakin naik nilai perusahaan, maka semakin banyak pula investor yang berminat untuk berinvestasi saham pada Perusahaan tersebut, dan hal tersebut dapat membuat citra Perusahaan semakin membaik sehingga memudahkan bagi pihak Perusahaan itu sendiri dalam pemperoleh dana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh Gross Profit Margin (GPM) secara parsial terhadap Harga Saham. 2) pengaruh Net Profit Margin (NPM) secara parsial terhadap Harga Saham. 3) pengaruh Gross Profit Marin (GPM) dan Net Profit Margin (NPM) secara simultan terhadap Harga Saham pada PT. Vale Indonesia Tbk periode 2013-2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu model penelitian deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2013-2022 yang diperoleh dari situs resmi PT. vale Indonesia tbk (www.vale.com). Dan adapun Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uj autokorelasi, uji heroskedastisitas), analisis asosiatif (uji regresi linier, analisis korelasi pearson produck moment (PPM), analisis koefisien determinasi dan uji signifikansi Uji-t (parsial) dan Uji-F (simultan) dengan menggunakan program SPSS versi 26. Berdasarkan pengolahan data, ditemukan bahwa Gross Profit Margin (GPM) secara parsial berpengaruh terhadap harga saham. Net Profit Margin (NPM) secara parsial berpengaruh terhadap harga saham. Gross Profit Margin (GPM) dan Net Profit Margin (NPM) secara simultan terbukti berpengaruh terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gross Profit Margin (GPM); Net Profit Margin (NPM); Harga Saham;
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Abidzikra Muhammad
Date Deposited: 27 May 2024 08:47
Last Modified: 28 May 2024 03:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88088

Actions (login required)

View Item View Item