Strategi integrasi sains-Islam dalam peningkatan kualitas pendidikan pesantren: Studi pada Pesantren Sains Salman Assalam Cirebon Jawa Barat dan Pesantren Sains Muhammadiyah Sragen Jawa Tengah

Septayuda, Purnama Tata (2024) Strategi integrasi sains-Islam dalam peningkatan kualitas pendidikan pesantren: Studi pada Pesantren Sains Salman Assalam Cirebon Jawa Barat dan Pesantren Sains Muhammadiyah Sragen Jawa Tengah. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-Cover--.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-Abstrak--.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3-Daftar Isi--.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4-bab-I-TSP--.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5-Bab-II-TSP--.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text (BAB III)
6-Bab-III-TSP--.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB IV)
7-Bab-IV-TSP--.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8-Bab-V-TSP--.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9-Daftar Pustaka--.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kemunculan pesantren sains di Indonesia sejak dua dekade terakhir. Dengan memformulasikan integrasi sains-Islam (ISI), pesantren sains menghadapi tantangan dalam meningkatkan kualitas pendidikannya. Tantangan ini tercermin dari beragamnya konstruksi kurikulum di pesantren sains, tingkat kompetensi pengajar sains di pesantren, prestasi santri dalam bidang sains, serta jumlah peminat yang mendaftar di pesantren sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi: desain integrasi sains-Islam, implementasi integrasi sains-Islam, evaluasi integrasi sains-Islam, faktor pendukung dan penghambat integrasi sains-Islam serta dampak integrasi sains-Islam dalam peningkatan kualitas pendidikan di Pesantren Sains Salman Assalam (PSSA) Cirebon Jawa Barat dan Pesantren Sains Muhammadiyah (PSM) Sragen Jawa Tengah. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa integrasi sains-Islam di pesantren sains memerlukan strategi agar menjadi komponen kegiatan yang efektif. Integrasi sains-Islam di pesantren sains tidak hanya terbatas pada penggabungan kurikulum pesantren dengan ilmu pengetahuan umum yang sering kali tumpang tindih. Integrasi sains-Islam di pesantren sains menitikberatkan pada penggunaan metodologi ilmiah yang didasarkan pada ajaran al-Quran-Hadits serta ilmu pengetahuan modern baik sosial maupun eksakta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (qualitative research). Metode yang digunakan ialah deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui; pengolahan data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Desain integrasi sains-Islam dalam peningkatan kualitas pendidikan di PSSA Cirebon dan PSM Sragen dilaksanakan meliputi desain tahapan, desain tujuan, desain konten, desain implementasi, dan desain evaluasi; 2) Implementasi integrasi sains-Islam dalam peningkatan kualitas pendidikan pesantren sains dilaksanakan meliputi; kurikulum pesantren sains, implementasi pembelajaran dan enviromental science; 3) Evaluasi integrasi sains-Islam dalam peningkatan kualitas pendidikan pesantren sains dilaksanakan meliputi evaluasi context, evaluasi input, evaluasi process, dan evaluasi product; 4) Faktor pendukung dan penghambat integrasi sains-Islam dalam meningkatkan kualitas pendidikan di pesantren sains dipengaruhi oleh faktor pendukung internal dan eksternal serta faktor penghambat internal dan eksternal, dan 5) Dampak integrasi sains-Islam dalam peningkatan kualitas pendidikan pesantren sains yaitu; dampak bagi lulusan dan dampak bagi pesantren. Dampak bagi lulusan menghasilkan santri sainstis yang memiliki keunggulan di bidang sains sekaligus keunggulan di bidang tafaqquh fi al-din; serta dampak bagi pesantren sains sebagai lembaga pendidikan yang diminati masyarakat.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Integrasi Sains-Islam, Kualitas Pendidikan, Pesantren Sains
Subjects: Islam > Islam and Natural Science
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam
Depositing User: Tata Septayuda Purnama
Date Deposited: 30 May 2024 01:54
Last Modified: 30 May 2024 01:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88123

Actions (login required)

View Item View Item