Pebrianti, Intan Aulia (2024) Pemanfaatan microblog di Instagram sebagai media dakwah: Studi deskriptif pada akun Instagram@candra.permanaa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan microblog di Instagram sebagai media dakwah (studi deskriptif pada akun instagram @candra.permanaa). Pemanfaatan microblog tersebut untuk mengetahui peralatan dakwah yang digunakan oleh @candra.permanaa Instagram, materi dakwah yang disampaiakan oleh @candra.permanaadi Instagram, dan penerimaan dakwah @candra.permanaa oleh pembacanya di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. media dakwah yaitu segala sesuatu yang digunakan atau menjadi menunjang dalam berlansungnya pesan dari komunikan (da’i) kepada khalayak. Atau dengan kata lain bahwa segala sesuatu yang dapat menjadi penunjang/alat dalam proses dakwah yang berfungsi mengefektifkan penyampaian ide (pesan) dari komunikator (da’i) kepada komunikan (khalayak). Dengan banyaknya media yang ada, maka da’i harus pandai memilih media yang efektif untuk mencapai tujuan dakwah. Tentunya dengan memilih yang tepat atau dengan prinsip-prinsip media. Yang menjadi masalah di sini adalah masalah memilih. Memilih tentu saja mengandung kosekuensi mengetahui dan menguasai cara. memanfaatkan microblog di Instagram sebagai media dakwah (studi deskriptif pada akun instagram @candra.permanaa) Hasil dari penelitian ini adalah akun Instagram @candra.permanaa cukup intensitas mengikuti konten microblognya sebagai media dakwah jika kita menggunakannya dengan baik dan benar. Rata-rata pengikut akun Instagram @candra.permanaa mengikuti akun tersebut kisaran 2 (dua) tahunan ada pula yag masih baru-baru ini. Efek dari instagram dapat dilihat dari hasil kuesioner terhadap informan bahwasannya memanfaatkan instagram sebagai media dakwah sangat baik dilakukan bila sesuai dengan syariat Islam. Dapat disimpulkan bahwa instagram efektif di gunakan sebagai media dakwah bila sesuai dan tidak menyalahi aturan yang ada. Kemudia, konten microblog yang disenangi diantaranya, mengenai Self improvement, Mental Health, Self Healing, Faidah, Quotes Islami.Beberapa follower akun Instagram @candra.permanaa banyak meninggalkan kesan positif yang bisa kita ambil hikmahnya: Pesan Dakwah ditujukan langsung kepada sasaran yang dituju dan Pesan Dawa dapat diakses dengan mudah tanpa harus berada disana, Materi yang disebar juga mempunyai kemasan yang atraktif. Kami juga senang saat melihatnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Dakwah; Microbloging |
Subjects: | Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Intan Aulia Pebrianti |
Date Deposited: | 31 May 2024 03:23 |
Last Modified: | 31 May 2024 03:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88278 |
Actions (login required)
View Item |