Hubungan antara kemampuan membaca nyaring dengan keterampilan berbicara anak usia dini: Penelitian di kelompok b RA Al-Wafi Panyileukan Bandung

Sulastri, Ai Indah (2021) Hubungan antara kemampuan membaca nyaring dengan keterampilan berbicara anak usia dini: Penelitian di kelompok b RA Al-Wafi Panyileukan Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (1).pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di Kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Bandung ditemukan kesenjangan antara tingginya kemampuan membaca nyaring dengan rendahnya keterampilan berbicara anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kemampuan membaca nyaring anak usia dini di Kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung, (2) keterampilan berbicara anak usia dini di Kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung, (3) hubungan antara kemampuan membaca nyaring dengan keterampilan berbicara anak usia dini di Kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung. Keterampilan berbicara anak usia dini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu dengan membaca nyaring. Membaca nyaring adalah suatu kegiatan yang disukai serta dapat merangsang kemampuan berbahasa anak, dengan membaca dapat membantu anak dalam mempelajari, menguasai dan mempraktikan suatu materi yang disampaikan oleh pendidik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling karena seluruh anggota populasi yaitu kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Bandung dengan jumlah 20 anak ditetapkan sebagai responden. Tenik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan membaca nyaring anak diperoleh nilai rata-rata sebesar 68. Angka tersebut berada pada interval 60-69 dengan kategori cukup. Sedangkan keterampilan berbicara pada anak diperoleh nilai rata-rata sebesar 74. Angka tersebut berada pada interval 70-79 dengan kategori baik. Hubungan antara kemampuan membaca nyaring dengan keterampilan bebicara anak diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,47. Angka koefisien korelasi initermasuk pada kategori cukup kuat/sedang karena berada pada interval 0,400- 0,599. Hasil uji signifikan diperoleh harga thitung = 2,265 > ttabel 2,101, artinya Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Dengan kata lain kemampuan membaca nyaring memiliki hubungan positif yang signifikan dengan keterampilan benbicara anak di Kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Bandung. Adapun kontribusi kemampuan membaca nyaring terhadap keterampilan berbicara sebesar 22,09%. Hal ini menunjukkan terdapat 77,91% faktor lain yang mempengaruhi kemampuan berbicara anak di kelompok B RA Al- Wafi Panyileukan Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Nyaring; Keterampilan Berbicara; Anak Usia Dini
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Applied Linguistics > Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ai Indah Sulastri
Date Deposited: 03 Jun 2024 01:43
Last Modified: 03 Jun 2024 01:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88347

Actions (login required)

View Item View Item