Sulastri, Ai Indah (2021) Hubungan antara kemampuan membaca nyaring dengan keterampilan berbicara anak usia dini: Penelitian di kelompok b RA Al-Wafi Panyileukan Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (1).pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal di Kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Bandung ditemukan kesenjangan antara tingginya kemampuan membaca nyaring dengan rendahnya keterampilan berbicara anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kemampuan membaca nyaring anak usia dini di Kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung, (2) keterampilan berbicara anak usia dini di Kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung, (3) hubungan antara kemampuan membaca nyaring dengan keterampilan berbicara anak usia dini di Kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung. Keterampilan berbicara anak usia dini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu dengan membaca nyaring. Membaca nyaring adalah suatu kegiatan yang disukai serta dapat merangsang kemampuan berbahasa anak, dengan membaca dapat membantu anak dalam mempelajari, menguasai dan mempraktikan suatu materi yang disampaikan oleh pendidik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling karena seluruh anggota populasi yaitu kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Bandung dengan jumlah 20 anak ditetapkan sebagai responden. Tenik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan membaca nyaring anak diperoleh nilai rata-rata sebesar 68. Angka tersebut berada pada interval 60-69 dengan kategori cukup. Sedangkan keterampilan berbicara pada anak diperoleh nilai rata-rata sebesar 74. Angka tersebut berada pada interval 70-79 dengan kategori baik. Hubungan antara kemampuan membaca nyaring dengan keterampilan bebicara anak diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,47. Angka koefisien korelasi initermasuk pada kategori cukup kuat/sedang karena berada pada interval 0,400- 0,599. Hasil uji signifikan diperoleh harga thitung = 2,265 > ttabel 2,101, artinya Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Dengan kata lain kemampuan membaca nyaring memiliki hubungan positif yang signifikan dengan keterampilan benbicara anak di Kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Bandung. Adapun kontribusi kemampuan membaca nyaring terhadap keterampilan berbicara sebesar 22,09%. Hal ini menunjukkan terdapat 77,91% faktor lain yang mempengaruhi kemampuan berbicara anak di kelompok B RA Al- Wafi Panyileukan Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Nyaring; Keterampilan Berbicara; Anak Usia Dini |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Education Applied Linguistics > Reading |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Ai Indah Sulastri |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 01:43 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 01:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88347 |
Actions (login required)
View Item |