Pengaruh metode storytelling pada pembelajaran Akidah Akhlak terhadap sikap religius siswa di Kelas V MI Pamoyanan Kabupaten Bandung

Nurromdoniyah, Nyimas Isye (2024) Pengaruh metode storytelling pada pembelajaran Akidah Akhlak terhadap sikap religius siswa di Kelas V MI Pamoyanan Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover .pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak .pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya guru menggunakan metode yang konvensional dalam kegiatan belajar mengajar dimana pendekatannya adalah Teacher Center dan metode yang dipakai adalah metode dikte, ceramah, dan tanya jawab. Permasalahan dengan menggunakan metode konvensional adalah karena membuat siswa kurang tertarik dalam belajar sehingga anak kurang memahami bagaimana bersikap yang baik sesuai dengan nilai-nilai religius. seperti terdapat sikap membantah, sikap kurang disiplin, kurang penghayatan, dan kesungguhan dalam menjalankan nilai-nilai keagamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap religius siswa sebelum dan setelah menggunakan metode storytelling pada pembelajaran Akidah Akhlak, untuk mengetahui berpengaruh atau tidaknya metode storytelling pada pembelajaran Akidah Akhlak terhadap sikap religius siswa, serta mengetahui proses keterlaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan metode storytelling pada pembelajaran Akidah Akhlak di kelas V MI Pamoyanan. Metode storytelling pada pembelajaran akidah akhlak merupakan metode belajar, dimana pendidik dapat memadukan materi pembelajaran Akidah Akhlak kedalam sebuah cerita sehingga dalam penyampaian materi siswa yang mendengarkan dan mencari pesan serta pelajaran yang diambil dari cerita tersebut dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari (Sholeh & Muhammad, 2021). Dengan metode storytelling siswa dapat menilai sikap tokoh di dalam cerita dan meniru di kehidupan nyata apabila menghadapi peristiwa yang hampir serupa. Penelitian ini menggunakan metode kuantatif dengan pre-Eksperimen desain one grup pretest-posttest. Data diperoleh dari hasil observasi pada proses pembelajaran (perlakuan), dan skor soal pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa dengan menggunakan skala likert yang nilai gradasi 1-5 dari positif hingga negatif dan sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan sikap religius siswa sebelum menggunakan metode storytelling terdapat 5% sikap yang kurang baik, 30% sikap yang cukup dan 65% sikap yang baik. Sedangkan sikap religius siswa setelah diberi perlakuan 0% sikap yang kurang baik, 20% sikap yang cukup dan 80% sikap yang baik, berarti sikap religius siswa seluruhnya sudah pada kategori sikap yang baik. Hasil uji hipotesis dengan mennggunakan paired sample t-test menunjukan Sig (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan ini, metode storytelling pada pembelajaran Akidah Akhlak berpegaruh terhadap sikap religius siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak; Sikap Religius; Storytelling
Subjects: Ethics of Social Relations
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Allah SWT (Alloh SWT)
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Kitab-kitab Allah
Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Etiquette, Manners
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nyimas Ise Nurromdoniyah
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:15
Last Modified: 06 Jun 2024 03:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88460

Actions (login required)

View Item View Item