Implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam pelayanan pembatalan jemaah haji di Kementerian Agama Kabupaten Sumedang

Ramdani, Saiful Islam (2024) Implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam pelayanan pembatalan jemaah haji di Kementerian Agama Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Penyelenggaraan ibadah haji yang dilaksanakan di Kemenag Kabupaten Sumedang menerapkan beberapa SOP dalam penyelenggaraannya termasuk SOP pembatalan haji. Dalam SOP pembatalan haji ini perlu dilaksanakan sesuai dengan standar dan teori agar SOP pembatalan haji terlaksana dengan baik mulai dari penyusunan, sosialisasi, distribusi, dan penerapan, sehingga diketahui kekurangan atau kendala selama proses pembatalan haji. Hal ini dilakukan untuk perbaikan pelaksanaan dan penerapan SOP demi meningkatkan pelayanan pembatalan haji. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui regulasi pemerintah dalam penyusunan SOP pembatalan haji dan pelaksanaannya, untuk mengetahui implementasi SOP pembatalan haji dan mengevaluasi SOP pembatalan haji di Kemenag Kabupaten Sumedang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori Implementasi dari Freeman dan Sherwood dalam mengembangkan tahapan proses pembuatan kebijakan publik yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu: identifikasi kebijakan, implementasi program dan evaluasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa regulasi SOP pembatalan haji menyesuaikan dengan Keputusan Dirjen PHU Republik Indonesia Nomor 241 Tahun 2021. Prosedur pembatalan haji di Kemenag Kabupaten Sumedang diantaranya: datang ke kantor Kemenag Kabupaten Sumedang, mengajukan permohonan pembatalan haji beserta alasannya, memenuhi berkas persyaratan administrasinya, menunggu proses pengembalian BPIH ke rekening jemaah haji. Serta evaluasi secara berkala terhadap pelaksanaan SOP pembatalan haji, dengan memperhatikan beberapa hal, yaitu: memiliki website online untuk mempermudah jemaah haji dalam menemukan informasi yang diperlukannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi;Implementasi; Jemaah haji; Pembatalan ibadah haji; Standar oprasional prosedur(SOP)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Saiful Islam Ramdani
Date Deposited: 06 Jun 2024 09:04
Last Modified: 06 Jun 2024 09:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88474

Actions (login required)

View Item View Item