Pembingkaian berita penganiayaan Mario Dandy terhadap David Ozora: Analisis Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki pada berita Tempo.co edisi Februari-April 2023

Akbar, Faizal (2024) Pembingkaian berita penganiayaan Mario Dandy terhadap David Ozora: Analisis Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki pada berita Tempo.co edisi Februari-April 2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)

Abstract

Analisis Framing Berita Penganiayaan Mario Dandy terhadap David Ozora adalah model analisis dalam melihat realitas di balik rencana dan wacana media dalam memberitakan kasus tersebut. Analisis ini merupakan sebuah seni yang akan memberikan kesimpulan yang berbeda apabila dilakukan oleh orang yang berbeda pula Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menggambarkan bagaimana peristiwa penganiayaan dikonstruksi oleh media. Metode penelitian deskriptif dipakai untuk menguraikan hasil penelitian dalam menjelaskan secara terperinci mengenai pembingkaian kasus kekerasan Mario Dandy terhadap David Ozora. Pendekatan kualitatif dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini didasari konsep Analisa struktur dan framing model yang dikemukakan oleh Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki yang mengurai pembingkaian dalam empat tahapan. Struktur tersebut adalah sintaksis, skrip, tematik, dan retoris Hasil penelitian menunjukan bahwa menunjukkan pentingnya memahami peran media dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap peristiwa kekerasan. Sintaksis pada berita harus menyediakan tempat yang tepat untuk menyajikan fakta dan statistik yang mendukung informasi dalam pemberitaan tentang insiden kekerasan. Lalu struktur skrip juga harus meninggalkan kesan yang kuat. Struktur tematik harus mempertimbangkan aspek-aspek tematik untuk memberikan konteks yang lebih luas, dan. Struktur retoris harus melibatkan penggunaan analogi atau metafora untuk lebih mudah menjelaskan kompleksitas peristiwa kekerasan. Dari penelitian ini diharapkan penulis dan pembaca berita harus bisa memiliki atensi yang lebih pada pemberitaan kasus kekerasan Mario Dandy terhadap David Ozora pada tahun 2023.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing; pembingkaian; berita kekerasan
Subjects: Biography, Obituary
Biography, Obituary > Journalist and News Commentators Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Faizal Akbar
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:43
Last Modified: 07 Jun 2024 01:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88490

Actions (login required)

View Item View Item