Manajemen inovasi dalam pelaksanaan sertifikasi pembimbing manasik haji professional: Penelitian pada kegiatan sertifikasi pembimbing manasik haji profesional angkatan ke XXVIII yang diselenggarakan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2023

Fitriyani, Gina (2024) Manajemen inovasi dalam pelaksanaan sertifikasi pembimbing manasik haji professional: Penelitian pada kegiatan sertifikasi pembimbing manasik haji profesional angkatan ke XXVIII yang diselenggarakan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3-daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4-bab1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5-bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6-bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8-daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen inovasi mengarahkan proses inovasi untuk menciptakan keunggulan khusus yang berkelanjutan. Pentingnya manajemen inovasi adalah kesadaran akan perlunya aliran ide baru yang cepat dan teratur serta penyampaian ide tersebut kepada khalayak sebagai langkah mengantisipasi perkembangan dunia yang cepat, kompleks, dan dinamis. Sertifikasi pembimbing manasik haji adalah proses di mana seseorang telah melalui penilaian dan mendapat pengakuan dari pemerintah atas kemampuan dan keterampilannya dalam memberikan bimbingan manasik haji secara professional kepada jemaah. Penelitian ini membahas mengenai manajemen inovasi pada kegiatan sertifikasi pembimbing manasik haji profesional Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan ke-XXVIII. Tujuannya adalah menggambarkan difusi inovasi dalam kegiatan tersebut meliputi : desain inovasi, saluran komunikasi, implementasi dan penerimaan peserta dengan fokus pada pengumpulan data melalui metode deskriptif kualitatif, seperti wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teori inovasi dalam suatu aktivitas dapat mengambil konsep dari teori difusi inovasi yang dikemukakan oleh Everet M. Rogers yang menyatakan bahwa difusi adalah proses di mana suatu inovasi disebarkan melalui saluran tertentu dalam kurun waktu implementasi tertentu di antara anggota dalam suatu kelompok dan dapat diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen inovasi yaitu difusi inovasi dalam pelaksanaan kegiatan sertifikasi pembimbing manasik haji profesional Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan ke-XXVIII telah sukses. Ini terlihat dari antusiasme peserta dari berbagai daerah, termasuk luar Jawa Barat, dan kerjasama yang baik dari penyelenggara, yang menjadi faktor kunci dalam kesuksesan pengenalan inovasi dalam kegiatan tersebut. Desain inovasi yang diterapkan diantaranya, penggunaaan media absen barcode, penyediaan alat peraga manasik, adanya sistem penilaian resume, apresiasi terhadap peserta, mengembangan kurikulum sesuai dengan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Inovasi; Sertifikasi
Subjects: Administration of The Physical Plant
Islam > Da'wah
Specific Field of Public Administration
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Gina Fitriyani
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:33
Last Modified: 11 Jun 2024 04:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88577

Actions (login required)

View Item View Item