Pertumbuhan larva Black soldier fly (Hermetia illucens) pada media testa kelapa dengan proses Pretreatment menggunakan EM4

Hartini, Hartini (2023) Pertumbuhan larva Black soldier fly (Hermetia illucens) pada media testa kelapa dengan proses Pretreatment menggunakan EM4. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy

Abstract

Testa kelapa merupakan bagian tipis dari pada kelapa yang berwarna coklat, di lapisan terluar dari daging kelapa. Masih sedikitnya pemanfaatan testa kelapa, maka akan menumpuk limbah testa kelapa dan dapat mencemari lingkungan. Salah satu pemanfaatan dengan menggunakan larva Black Soldier Fly (Hermetia illucens) yang dapat mengkonsumsi berbagai jenis sampah organik dan mengubahnya menjadi biomassa dengan kandungan protein dan lipid yang tinggi.Pretreatment menggunakan EM4 diperlukan dalam pemanfaatan testa kelapa karena kandungan lignin yang cukup tinggi yang diharapkan terjadi pemecahan lignin selulosa dan hemiselulosa oleh produksi enzim dari proses fermentasi. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengamati pertumbuhan dan efisiensi larva BSF dalam menguraikan limbah tersebut. Pada penelitian ini menggunakan testa kelapa yang difermentasi dengan EM4 1ml (P1), 5ml (P2), dan 10ml (P3) selama 5 hari. Hasil fermentasi kemudian diberikan ke larva BSF umur 6 hari dan diamati dengan parameter berat, panjang dan lebar larva, indeks reduksi sampah, dan mortalitas larva. Hasil penelitian menunjukan bahwa larva BSF yang mengkonsumsi testa kelapa dengan kadar EM4 dengan perlakuan P3 memiliki berat basah lebih tinggi dari perlakuan yang lain yaitu sebesar 0,319 g/ekor. Perlakuan P3 juga menghasilkan panjang badan tertinggi sebesar 21,966 mm, dan lebar larva sebesar 4,959 mm. Sedangkan untuk Nilai WRI pada penelitian ini sebesar 3,33% dan tingkat Mortalitas pada larva BSF yang diberi perlakuan hasil testa kelapa sebesar 30,1%. Kesimpulan dari penelitian ini larva BSF dapat mengkonsumsi pakan yang telah diberi perlakuan pretreatment dengan hasil terbaik terdapat pada perlakuan EM4 10ml (P3).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan; Larva BSF; EM4 ; Testa Kelapa;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Biology > Biologist
Microorganisms
Arthropoda > Insecta, Insects
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Hartini [Hartini]
Date Deposited: 12 Jun 2024 06:14
Last Modified: 12 Jun 2024 06:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88614

Actions (login required)

View Item View Item