Zahrotunnisa, Suci (2024) Perbandingan model Problem Based Learning berbantuan nearpod dan discovery learning berbantuan nearpod untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida dinamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (303kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan nearpod dan model discovery learning berbantuan nearpod pada materi fluida dinamis; (2) peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik detelah menerapkan model problem based learning berbantuan nearpod dan model discovery learning berbantuan nearpod; (3) perbandingan pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan nearpod dan model discovery learning berbantuan nearpod. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Bogor. Pengambilan sampel penelitian menggunakan Teknik sampling probability sampling dengan jenis sampling cluster random sampling. Penelitian ini menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan nearpod memperoleh hasil rata-rata sebesar 97,24% dan keterlaksanaan pembelajaran model discovery learning berbantuan nearpod memperoleh hasil rata-rata sebesar 92,71%. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent sample t-test menunjukan nilai t_hitung (10,05)> t_tabel (2,00) dapat dikatakan terdapat perbedaan keterampilan pemecahan masalah secara signifikan peserta didik yang menerapkan model problem based learning berbantuan nearpod pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan nearpod pada kelas kontrol pada materi fluida dinamis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning; Discovery Learning; Nearpod; Keterampilan Pemecahan Masalah; Fluida Dinamis |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Zahrotunnisa Suci |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 02:11 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 02:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89022 |
Actions (login required)
View Item |