Hasil belajar siswa pada materi Ikhtiar,Tawakal,Sabar,Syukur, dan Qana'ah hubungannya dengan akhlak siswa di sekolah: Penelitian korelasional kelas VIII MTs Al-Misbah Kota Bandung

Susilawati, Susi (2024) Hasil belajar siswa pada materi Ikhtiar,Tawakal,Sabar,Syukur, dan Qana'ah hubungannya dengan akhlak siswa di sekolah: Penelitian korelasional kelas VIII MTs Al-Misbah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (741kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di MTs Al-Misbah bahwa di pelajari materi ikhtiar, tawakal, sabar, syukur, dan qana’ah, akan tetapi tujuan afektifnya masih belum tercapai sehingga terjadi kesenjangan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan supaya siswa memiliki pengetahuan dan akhlak yang baik terkait sikap ikhtiar, tawakal, sabar, syukur, dan qana’ah. Hal ini dapat dilihat dari perilaku siswa yang masih banyak kurang menyimak pelajaran dengan baik dikelas, tidak mengerjakan tugas PR terlebih mengerjakan tugas PR di sekolah, ketika mengerjakan tugas di kelas banyak siswa yang menyontek hasil tugas temannya, dan mengerjakan tugas sekolah bukan dari hasil mereka sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa pada materi ikhtiar, tawakal, sabar, syukur, dan qana’ah 2) Akhlak siswa di sekolah 3) Hubungan hasil belajar siswa pada materi ikhtiar, tawakal, sabar, syukur, dan qana’ah dengan akhlak siswa di sekolah. Penelitian ini di dasari pada suatu pemikiran bahwa hasil belajar siswa berdampak pada perilaku keseharian. Penelitian ini berasumsi bahwa semakin tinggi hasil belajar siswa pada materi ikhtiar, tawakal, sabar, syukur, dan qana’ah maka akhlak atau perilaku yang dilakukannya terhadap siswa di sekolah akan semakin baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi yaitu penellitian yang berusaha melihat ada atau tidaknya hubungan antara variabel X (Hasil Belajar Siswa pada materi ikhtiar, tawakal, sabar, syukur, dan qana’ah) dan variabel Y (Akhlak siswa di sekolah) dengan menggunakan alat pengumpul data: tes, angket,wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, uji hipotesis, uji pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Hasil belajar siswa pada materi ikhtiar, tawakal, sabar, syukur, dan qana’ah adalah berkategori cukup baik dengan nilai 63,27 yang berada pada interval 60 – 69. 2) Akhlak siswa di sekolah berkategori sangat baik dengan nilai 4,52 yang berada pada interval 4,20 – 5,00. 3) Hubungan hasil belajar siswa pada materi ikhtiar, tawakal, sabar, syukur, dan qana’ah dengan akhlak siswa di sekolah berkategori cukup dengan koefisien korelasi sebesar 0,51 yang berada pada interval 0,40-0,59. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 26% Hasil uji hipotesis diperoleh t hitung 4,88 < t tabel 68,4. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima.Artinya tidak terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X dan variabel Y.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil; Belajar; Ikhtiar; Tawakal; Sabar; Syukur; Qana'ah; Akhlak; Siswa
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Susi Susilawati
Date Deposited: 26 Jun 2024 07:59
Last Modified: 26 Jun 2024 07:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89178

Actions (login required)

View Item View Item