Satria Noer Rhamadhan, Ghema (2024) Pengaruh kesiapan kepala sekolah terhadap implementasi kurikulum merdeka: Penelitian pada SMP berbasis Islam di Bandung Raya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COUVER)
1_Cover.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (278kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
||
Text (BAB VI)
9_Daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
Abstract
Kemunculan berbagai macam teknologi semakin memudahkan perkembangan jaman, menyebabkan perubahan pada kurikulum sekolah. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kemendikbud Ristek guna mengatasi permasalahan yang ada ialah mencanangkan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang bertujuan untuk mengasah minat dan bakat anak sejak dini dengan berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Namun pada pelaksanaannya guru mengalami kesulitan dalam penerapan kurikulum merdeka, sehingga dibutuhkan keterampilan manajerial kepala sekolah untuk mengoptimalkan penerapan kurikulum merdeka tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi manajerial kepala sekolah pada SMP Berbasis Islam di Bandung Raya, untuk mengetahui keberhasilan penerapan kurikulum merdeka pada SMP Berbasis Islam di Bandung Raya, untuk mengetahui hubungan kompetensi manajerial kepala sekolah dengan keberhasilan penerapan kurikulum merdeka pada SMP Berbasis Islam di Bandung Raya. Penelitian ini menggunakan metode survei dan pendekatan kuantitatif berjenis korelasi yang dilakukan terhadap 31 tenaga pendidik yang sudah melakukan pelatihan kurikulum merdeka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Analisis data dilakukan dengan tahapan uji instrumen untuk mengetahui validitas dan reabilitas kuesioner, uji analisis parsial per indikator, uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas, serta uji hubungan atau korelasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa hubungan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan keberhasilan penerapan kurikulum merdeka menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti adanya pengaruh secara signifikan antara Kesiapan kepala sekolah terhadap implementasi kurikulum merdeka pada SMP Berbasis Islam di Bandung Raya. Kemudian diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,205 memiliki kekuatan cukup baik. Adapun jenis hubungan dalam penelitian ini memperoleh hasil pearson correlation sebesar 0,205 yang bersifat positif (+) tanpa adanya sifat negatif (-) di depan angka tersebut. Selanjutnya nilai koefisien determinasi (R Square) memperoleh presentase sebesar 20,5%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepala Sekolah; Implementasi; Kurikulum Merdeka |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Curricula |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ghema Satria Noer Rhamadhan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 08:34 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 08:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89313 |
Actions (login required)
View Item |