Implementasi pendidikan holistik berbasis aqidah Islam dalam pembentukan intelektualitas dan religiusitas peserta didik di SMP Ar Rafi’ Drajat Kota Bandung

Sri, Juwita (2023) Implementasi pendidikan holistik berbasis aqidah Islam dalam pembentukan intelektualitas dan religiusitas peserta didik di SMP Ar Rafi’ Drajat Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abtsrak_watermark (3).pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi_watermark.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1_watermark.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2_watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab 3 _watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab 4_watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Bab 5_watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka_watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penerapan pendidikan holistik berbasis aqidah Islam di SMP Ar Rafi’ Drajat Bandung sebagai upaya mengatasi degradasi moral remaja pada masa kini. Selain itu bertolak dari adanya output di sekolah Islam yang masih minim akhla>kul kari>mah serta kurangnya kesadaran beribadah, hal tersebut disebabkan karena kurangnya penguatan aqidah sehingga mengabaikan ajaran Islam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis 1) konsep pendidikan holistik berbasis aqidah Islam; 2) implementasi pendidikan holistik berbasis aqidah Islam; 3) hasil intelektualitas peserta didik; 4) hasil religiusitas peserta didik yang terbentuk karena adanya penerapan pendidikan holsitik berbasis aqidah Islam; 5) faktor pendukung dan penghambat pendidikan holistik berbasis aqidah Islam di SMP Ar Rafi’ Drajat Kota Bandung. Adapun teori yang digunakan yaitu teori pembelajaran holistik (holistic learning) dari John Miller yang menerapkan pembelajaran dengan mengembangkan seluruh potensi manusia secara harmonis serta memperhatikan prinsip keterhubungan, keterbukaan dan keseimbangan. Adapun dalam aqidah Islam menggunakan teori Hasan al-Bana yang memaknai aqidah sebagai keyakinan kuat terhadap arka>nu>l i>ma>n. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif yang kemudian ditelaah secara analitis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket penilaian diri sebagai tambahan sumber informasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan hasil, menarik kesimpulan, dan melakukan verifikasi. Keabsahan data diverifikasi melalui triangulasi. Penelitian ini memperoleh hasil 1) konsep pendidikan holistik berbasis aqidah Islam berlandaskan Qs. al-Ba>qarah ayat 208 yang dimaknai sebagai pendidikan menyeluruh dengan mengembangkan seluruh potensi peserta didik dan mengintegrasikan iman, ilmu dan amal dalam satu kesatuan serta adanya penguatan aqidah pada pembelajaran; 2) implementasinya dilakukan dengan menggunakan kurikulum yang berorientasi pada kompetensi dengan pengintegrasian nilai aqidah, menyelenggarakan program kegiatan yang menunjang, pengembangan minat bakat dan penyesuaian lingkungan belajar yang kondusif dengan bernuasa islami; 3) intelektualitas peserta didik berada pada kategori baik yang meliputi dapat memecahkan masalah, berpikir kritis, inovatif, kreatif dan rasa ingin tau yang tinggi; 4) religiusitas peserta didik berada dalam kategori sangat baik yang meliputi keyakinan kepada Allah Swt, kesadaran beribadah, sopan, santun, disiplin dan berjiwa sosial; 5) faktor pendukung implementasi pendidikan holistik berbasis aqidah Islam di SMP Ar Rafi’ Drajat meliputi adanya minat bakat peserta didik yang mempuni, penguatan aqidah pada semua pelajaran, peran semua pendidik serta adanya dukungan orang tua. Adapun faktor penghambatnya meliputi kompetensi peserta didik yang berbeda-beda, keterbatasan kemampuan pendidik dan karakter orang tua yang berbeda

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Holistik; Aqidah Islam; Intelektualitas; Religiusitas
Subjects: Christianity > Education, Research
Religious Education
Islam > Islamic Religious Education
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Juwita
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:17
Last Modified: 09 Jul 2024 04:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89407

Actions (login required)

View Item View Item