Pengaruh inflasi, suku bunga, dan nilai tukar rupiah terhadap return saham pada perusahaan sub sektor perdagangan ritel yang terdaftar di BEI tahun 2017-2022

Nurhaliza, Putri Erlina (2024) Pengaruh inflasi, suku bunga, dan nilai tukar rupiah terhadap return saham pada perusahaan sub sektor perdagangan ritel yang terdaftar di BEI tahun 2017-2022. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Platform keuangan yang memungkinkan transaksi antara investor dan perusahaan yang membutuhkan sumber pendanaan, meliputi berbagai instrumen keuangan yang dilakukan di pasar modal. Investasi merujuk pada proses mengalokasikan sebagian pengeluaran saat ini ke aset produktif dengan harapan memperoleh pendapatan yang diharapkan di masa depan. Keberhasilan investasi dan kinerja perusahaan dipengaruhi langsung oleh faktor makroekonomi seperti inflasi, suku bunga, dan nilai tukar rupiah, yang akan peneliti jadikan variabel dalam penelitian. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh inflasi, suku bunga, dan nilai tukar rupiah terhadap return saham secara parsial maupun secara simultan pada perusahaan sub sektor perdagangan ritel yang terdaftar di BEI tahun 2017-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Terdapat 14 sampel perusahaan dalam penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan studi dokumentasi dan penelitian kepustakaan. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa data harga saham perusahaan sub sektor perdagangan ritel yang terdaftar di BEI, data inflasi, suku bunga, dan nilai tukar rupiah. Data penelitian merupakan data panel yang diolah menggunakan Software Microsoft Excel dan Eviews 12. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi data panel, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menyatakan bahwa inflasi berpengaruh negatif terhadap return saham dengan nilai nilai sig (0,0477) < sig α (0,05). Suku bunga tidak bepengaruh terhadap return saham dengan nilai sig (0,1474) > sig α (0,05). Nilai tukar rupiah tidak berpengaruh terhadap return saham dengan nilai sig (0,616) > sig α (0,05). Inflasi, suku bunga dan nilai tukar rupiah secara simultan berpengaruh terhadap return saham dengan nilai sig (0,028602) < sig α 0,05. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan perubahan return saham dipengaruhi oleh inflasi, suku bunga, dan nilai tukar rupiah sebesar 0.106369 atau 10,6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inflasi; Suku Bunga; Nilai Tukar Rupiah; Return Saham
Subjects: Financial Economics, Finance > Investment
Macroeconomics and Related Topics
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Putri Erlina Nurhaliza
Date Deposited: 01 Jul 2024 01:38
Last Modified: 01 Jul 2024 01:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89418

Actions (login required)

View Item View Item