Pengaruh Dividend Per Share (DPS) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga saham pada perusahaan sektor Food And Beverage (F&B) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2022

Hidayat, Muhamad Padilatul (2024) Pengaruh Dividend Per Share (DPS) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga saham pada perusahaan sektor Food And Beverage (F&B) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy

Abstract

Keputusan penting yang dihadapi seorang investor harus memilih perusahaan yang tepat untuk menyertakan modal. Mengingat kondisi pasar saham yang fluktuatif dan kadang tidak menentu, maka dapat menggunakan analisis rasio pasar yang dapat membantu investor menentukan perusahaan yang akan dipilih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perngaruh Dividend per Share (DPS) secara parsial terhadap Harga Saham, pengaruh Return on Equity (ROE) secara parsial terhadap Harga Saham, pangaruh Dividend per Share (DPS) dan Return on Equity (ROE) secara simultan terhadap Harga Saham pada perusahaan yang bergerak di Sektor Food and Beverage (F&B) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2022. Kerangka teori yang digunakan pada penelitian ini merujuk pada teori Signaling yang menyatakan bahwa semakin tinggi Dividend per Share (DPS) dan Return on Equity (ROE), maka akan menarik perhatian para investor untuk berinvestasi dan akan meningkatkan pula pengaruhnya terhadap Harga Saham. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan pada website resmi IDX dan perusahaan yang diteliti tahun 2013-2022. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel, korelasi, koefisien determinasi serta analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Hasil analisis data menunjukan bahwa Dividend per Share (DPS) berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham secara parsial dan Return on Equity (ROE) berpengaruh tidak signifikan terhadap Harga Saham secara parsial serta Dividend per Share (DPS) dan Return on Equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham secara simultan. Kemudian dilihat dari koefisien determinasi tingkat hubungan antar variabel tergolong kategori sangat kuat dengan tingkat hubungan 81,90% atau 0,818960 sedangkan sisanya 18,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dividend per Share; Return On Equity; Harga Saham
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Management for Enterprises
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhamad Padilatul Hidayat
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:06
Last Modified: 01 Jul 2024 07:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89487

Actions (login required)

View Item View Item