Hubungan antara penggunaan media pembelajaran audio visual dengan perkembangan kognitif berpikir simbolik anak usia dini : Penelitian di Kelompok B RA Bani Sulaiman Cileunyi Kabupaten Bandung

Shalihah, Nur Hilda Zakiyyatun (2023) Hubungan antara penggunaan media pembelajaran audio visual dengan perkembangan kognitif berpikir simbolik anak usia dini : Penelitian di Kelompok B RA Bani Sulaiman Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul di kelompok B RA Bani Sulaiman Cileunyi Kabupaten Bandung, yaitu peneliti menemukan kesenjangan antara tingginya penggunaan media pembelajaran audio visual dengan perkembangan kognitif berpikir simbolik anak. Di satu sisi, ketika melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual anak antusias, akan tetapi di sisi lain perkembangan kognitif berpikir simbolik anak belum maksimal, yakni terdapat sebagian anak belum mampu memahami konsep bilangan, konsep lambang bilangan, dan mengenal huruf. Permasalahan ini menunjukkan adanya kesenjangan antara tingginya aktivitas anak pada penggunaan media audio visual yang digunakan dengan rendahnya perkembangan kognitif berpikir simbolik anak usia dini.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual di Kelompok B RA Bani Sulaiman Cileunyi Kabupaten Bandung, 2) Perkembangan Kognitif Berpikir Simbolik Anak di Kelompok B RA Bani Sulaiman Cileunyi Kabupaten Bandung, dan 3) Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Perkembangan Kognitif Berpikir Simbolik Anak Usia Dini di kelompok B RA Bani Sulaiman Cileunyi Kabupaten Bandung.Penelitian ini didasarkan pada asumsi yang menyatakan bahwa anak dapat belajar melalui pengalaman iconic (visual atau gambar). Berdasarkan asumsi tersebut, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran audio visual dengan perkembangan kognitif anak usia dini di kelompok B RA Bani Sulaiman Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek dalam pelaksanaan penelitian ini adalah anak kelompok B RA Bani Sulaiman Cileunyi Kabupaten Bandung yang berjumlah 28 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data pada variabel penggunaan media pembelajaran audio visual (variabel X) diperoleh nilai rata-rata sebesar 72. Nilai tersebut berada pada interval 70-79 dengan kategori baik. Sedangkan analisis data perkembangan kognitif berpikir simbolik anak usia dini (variabel Y) diperoleh nilai rata-rata sebesar 77. Nilai tersebut tersebut berada pada interval 70-79 dengan kategori baik. Hubungan antara penggunaan media pembelajaran audio visual dengan perkembangan kognitif berpikir simbolik anak usia dini diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,88 angka koefisien korelasi ini berada pada kategori sangat kuat/sangat tinggi karena berada pada interval 0,800-1,000. Hasil uji signifikansi di peroleh harga harga thitung sebesar 9,429 > dari harga ttabel sebesar 2,056 pada taraf signifikansi 5% dan db = 16 sebesar 2,056. Artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran audio visual dengan perkembangan kognitif berpikir simbolik anak usia dini. Nilai koefisien eterminasi sebesar 53% terhadap perkembangan kognitif berpikir simbolik anak maka terdapat 47% faktor lain yang mempengaruhi perkembangan kognitif berpikir simbolik anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Media Audio Visual; Perkembangan Kognitif; Berpikir Simbolik; Anak Usia Dini
Subjects: Education > Statistic of Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nur Hilda Zakiyyatun Shalihah
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:24
Last Modified: 16 Jul 2024 01:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89757

Actions (login required)

View Item View Item