Pengaruh Price Earning Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap harga saham pada perusahaan yang bergerak di sektor food and beverage dan terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Unilever Indonesia tbk. periode 2013-2023

Riskan, Riskan (2024) Pengaruh Price Earning Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap harga saham pada perusahaan yang bergerak di sektor food and beverage dan terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Unilever Indonesia tbk. periode 2013-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kesenjangan teori dalam data laporan keuangan mengenai pengaruh Price Earning Ratio (PER) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Harga Saham. Dalam hal ini dikarenakan fenomena tidak sesuai dengan teori yang sudah ada. Kerangka pemikiran penelitian ini didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Price Earning Ratio (PER) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Harga Saham, yang artinya apabila Price Earning Ratio (PER) dan Debt to Equity Ratio (DER) naik maka Harga Saham akan turun, begitupun sebaliknya. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh Perusahaan yang bergerak di sektor food and beverage dan terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) dalam kurun waktu penelitian yaitu periode 2013-2023. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis asumsi deskriptif, analisis asumsi klasik, analisis regresi berganda dan analisis hipotesis. Pengolahan data menggunakan SPSS For Windows Version 29.0 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) variabel Price Earning Ratio (PER) secara parsial tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Harga Saham, dibuktikan dengan hasil uji t sebesar (-1,672<1,833) dengan nilai signifikansi sebesar (0,129>0,05). 2) variabel Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial berpengaruh negative dan signifikan terhadap Harga Saham, dibuktikan dengan hasil uji t (-1,941>1,833) Dengan nilai signifikansi sebesar (0,084>0,05). 3) secara simultan Price Earning Ratio (PER) dan Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh dan signifikansi terhadap Harga Saham, dibuktikan dengan hasil uji f sebesar (1,725<4,46) Dengan koefisien determinasi bahwa dua variabel independent bepengaruh 30,1% dan sisanya 69,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan regresi penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Price Earning Ratio; Debt to Equity Ratio; Harga Saham
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Financial Economics, Finance
Accounting > Financial Reporting
General Management
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Riskan Riskan Riskan
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:58
Last Modified: 04 Jul 2024 06:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89963

Actions (login required)

View Item View Item