Abdul Aziz, Rian (2024) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik terhadap ayat Al-Qur’an : Penelitian quasi eksperimen terhadap peserta didik kelas VIII MTs Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (337kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (738kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung, berlandaskan hasil keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas VIII terhadap ayat Al-Qur’an ini masih sangat dibawah rata-rata. Faktor-faktor yang menyebabkan hasil belajar peserta didik di MTs Al-Jawami ini sangat bervariasi antara lain adalah faktor dari guru, peserta didik, alat atau media, dan lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hasil keterampilan membaca pemahan peserta didik terhadap ayat al-Qur’an menggunakan model pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC), mengkaji penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada pokok bahasan ayat al-Qur’an tentang keseimbangan dunia dan akhirat dan menganilisis sejauh mana peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada pokok bahasan tersebut. Penelitian ini didasarkan dari pemikiran bahwa metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition merupakan metode yang dapat membantu meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik. Oleh sebab itu, hipotesis yang diajukan adalah hasil pembelajaran al-Qur’an Hadits peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan metode Cooperative Integrated Reading and Composition lebih baik daripada hasil pembelajaran peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Sampel penelitian menggunakan dua kelas yakni kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yakni tes hasil belajar (pretest dan posttest). Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.Hasil rata-rata belajar kelas eksperimen memperoleh pretest 46, posttest 83. sedangkan kelas kontrol memperoleh pretest 34, posttest 68. Berdasarkan nilai pretest dan posttest, kelas eksperimen memiliki peningkatan keterampilan membaca pemahaman peserta didik, dilihat dari hasil peserta didik yang mencapai nilai KKM untuk kelas eksperimen berjumlah 86%, sedangkan kelas kontrol yang memenuhi KKM hanya 40%, dari hasil ini menunjukan peningkatan yang sangat pesat bagi peserta didik yang memperoleh model pembelajaran CIRC. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data dapat dipahami bahwa nilai nilai signifikansi (sig.2-tailed) dengann uji-t adalah 0,01. Karena nilai probabilitasnya lebih kecil dari 0,05 maka H1 diterimadan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative Integrated and Composition (CIRC); Keterampilan Membaca Pemahaman; al-Qur’an Hadits |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rian Abdul Aziz Abdul Aziz |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 02:23 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 02:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90104 |
Actions (login required)
View Item |