Annisa, Fairis Catur (2024) Aktivitas belajar Siswa dengan media Artificial Intelligence hubunganya dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam: Penelitian korelasional terhadap siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 24 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (171kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam penggunaan media AI dalam aktivitas belajar membuat siswa seharusnya mendapatkan hasil belajar yang baik, hal itu didampingin juga dengan upaya atau metode yang baik dan sesuai agar memaksimalkan hasil belajar siswa. Namun pada kenyataanya setelah penggunaan media AI jenis Chat GPT dan metode tersebut hasil belajarnya tetap saja rendah, sehingga muncul persoalan apakah aktivitas belajar dengan media AI ada hubunganya dengan hasil belajar PAI. Maka persoalan inilah yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini : 1) Untuk Mengetahui AI Jenis Chat GPT di SMAN 24 Bandung. 2) Untuk mengetahui Aktivitas Belajar Siswa dengan Media AI pada Mata Pelajaran PAI Di SMA Negeri 24 Bandung. 3) Untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Di SMA Negeri 24 Bandung. 4) Untuk Mengetahui Hubungan Aktivitas Belajar Siswa melalui Media AI dengan Hasil Belajar PAI Di SMA Negeri 24 Bandung. Aktivitas belajar siswa dengan media AI sangat berpengaruh pada perkembangan hasil belajar PAI, semakin tinggi aktivitas belajar siswa dengan media AI maka semakin tinggi juga hasil belajar PAI. Karena fleksibelnya penggunaan AI dan aktivitas belajar menggunakan AI yang tinggi ditentukan dalam proses pembelajaran. Maka hipotesis yang diajukan adalah adanya hubungan antara aktivitas belajar siswa dengan media AI dengan hasil belajar PAI. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif menekankan pada pengujian teori dengan mengukur variabel penelitian secara numerik dan menganalisis data menggunakan metode statistik. Angket, Tes, Observasi, wawncara, dan studi dokumen untuk pengambilan data. Analisis data yaitu dengan Uji normalitas, Uji regresi, Uji Korelasi, dan Uji Hipotesis. Simpulan hasil dari penelitia ini ialah Hubungan aktivitas belajar siswa dengan media AI (Variabel X) dengan hasil belajar PAI mereka (Variabel Y) termasuk ke dalam kategori korelasi sedang. Hal ini dibuktikan pada uji korelasi memperoleh hasil dengan nilai pearson correlation 0.49 yang berada pada tingkat kualifikasi Korelasi Sedang. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y hal ini dibuktikan dengan perhitungan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 maka terdapat pengaruh antara variabel X dengan variabel Y. Dari perhitungan diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05 atau hasil t hitung 3.553 > 1.682 t tabel sehingga hipotesis diterima (Ha) yang adanya pengaruh antara variabel X aktivitas belajar siswa dengan media AI dengan variabel Y Hasil Belajar PAI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar; AI; ChatGPT; dan Hasil Belajar |
Subjects: | Causation Education Elementary Education Analysis, Theory of Functions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fairis Catur Annisa |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 02:31 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 02:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90155 |
Actions (login required)
View Item |