Pengaruh sikap Tawakal terhadap MPA (Music Perfomance Anxiety): Studi pada UKM Paduan Suara Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Wulansari, Deisya (2024) Pengaruh sikap Tawakal terhadap MPA (Music Perfomance Anxiety): Studi pada UKM Paduan Suara Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)

Abstract

Music Perfomance Anxiety (MPA) adalah fenomena Psikologis yang dialami oleh individu yang terlibat dalam pertunjukkan music. MPA ditandai oleh tingkat kecemasan dan ketegangan yang tinggi sebelum, selama, atau setelah tampil di depan public. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan MPA pada anggota UKM Paduan Suara Mahasiswa UIN Bandung. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menginvestigasi pengaruh Sikap Tawakal terhadap MPA(Music Perfomance Anxiety) pada anggota UKM Paduan Suara Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Music Perfomance Anxiety merupakan sebuah kecemasan atau ketakutan yang dialami oleh seorang musisi ketika berada di atas panggung atau demam panggung. Sikap Tawakal adalah sikap mental yang Mengandung elemen penerimaan, kepasrahana, dan kepercayaan pada takdir atau Kehendak-Nya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian Kuantitatif dengan metode kuantitatif Inferensial untuk mencari pengaruh dari Variabel X (Sikap Tawakal) terhadap variabel Y ( MPA). Untuk mengetahui pengaruhnya , peneliti menyebarkan angket kepada 58 responden yang terdiri dari skala pengukuran sikap tawakal dan skala pengukuran MPA (Music Perfomance Anxiety), data yang terkumpul dianalisis menggunakan Teknik statistic. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat 6,9% anggota PSM yang memiliki sikap tawakal yang sedang, dan 93,1% anggota PSM yang memiliki sikap tawakal yang tinggi. Melalui hasil uji Regresi Linear Sederhana menunjukkan korelasi negative dengan nilai r square sebesar 0,364 atau 36,4% antara sikap tawakal dan MPA. Dengan kata lain, semakin tinggi sikap tawakal seorang musisi, semakin rendah MPA yang dialaminya. Hasilnya menunjukkan bahwa sikap tawakal dapat berpengaruh sebagai protektif dalam mengurangi MPA pada musisi. Penelitian ini memiliki implikasi penting dalam konteks pengelolaan MPA pada musisi. Untuk mengurangi kecemasan dan ketegangan saat tampil di depan public,pengembangan sikap tawakal melalui pendekatan psikologis dan spiritual dapat menjadi pendekatan yang efektif. Studi lanjutan dapat melibatkan intervensi psikologis yang berfokus pada pengembangan sikap tawakal untuk mengurangi MPA secara Signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sikap Tawakal; Music Perfomance Anxiety (MPA); Musisi
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: deisya wulansari
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:22
Last Modified: 08 Jul 2024 00:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90174

Actions (login required)

View Item View Item