Fitriani, Adiestya (2024) Peran kepemimpinan kiai dalam membina akhlak santri di Pondok Pesantren Husnayain Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
bab 1.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
||
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
Abstract
Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam dengan sistem asrama atau pondok, kiai sebagai figur utama, masjid sebagai pusat kegiatan yang menjiwainya dan pengajaran agama Islam di bawah bimbingan kiai yang diikuti oleh santri sebagai kegiatan utamanya. Dengan demikian Pesantren Husnayain merupakan lembaga Pendidikan Islam berbasis asrama yang menerapkan kurikulum mu’allimin Pondok Modern Gontor, yang dipadukan dengan kurikulum Pendidikan nasional (SMP dan SMA). Bertujuan untuk menciptakan generasi yang unggul dan berakhlak mulia (‘alim, ‘amil, shalih, mujahid dan Mukhlis). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Interpersonal Role K.H Ahmad Cholil Ridwan dalam membina akhlak santri di pondok pesantren Husnayain Sukabumi, bagaimana peran Informational Role K.H Ahmad Cholil Ridwan dalam membina akhlak santri di pondok pesantren Husnayain Sukabumi dan bagaimana peran Decision Making K.H Ahmad Cholil Ridwan dalam membina akhlak santri di pondok pesantren Husnayain Sukabumi dengan menggunakan teori peran kepemimpinan menurut Henry Mintzberg. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi yang dibutuhkan di pondok pesantren Husnayain Sukabumi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kiai dalam membina akhlak santri di pondok pesantren Husnayain Sukabumi meliputi diantaranya. Pertama, peran interpersonal role, yaitu peran pemimpin dengan menjadi sosok figur atau teladan kepada santrinya, mengawasi dan memotivasi santrinya serta menjadi penghubung dengan pihak internal maupun eksternal. Kedua, peran informational role, yaitu peran kepemimpinan kiai melakukan pengawasan terhadap informasi-informasi dari internal maupun eksternal dan diterima serta disampaikan atau diimplementasikan oleh pihak pondok pesantren Husnayain Sukabumi dalam upaya meningkatkan pembinaan akhlak santri. Dan kiai sebagai juru bicara yang menyampaikan informasi mengenai pondok pesantren. ketiga, peran decision making, yaitu peran kepemimpinan kiai sebagai orang yang memiliki keahlian dalam membuat keputusan atau suatu kebijakan yang bisa mengatasi permasalahan yang dapat menghalangi jalannya organisasi. Seperti dalam menangani permasalahan santri yang menjadi penghambat dalam pembinaan akhlak santri serta permasalahan sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran interpersonal role; peran informational role; peran decision making |
Subjects: | Islam Islam > Da'wah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Adiestya Fitriani |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 01:24 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 01:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90289 |
Actions (login required)
View Item |