Efektivitas peningkatan Pendapatan Asli Desa Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Baitul Amanah Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Maliha, Rizfa Hasna (2024) Efektivitas peningkatan Pendapatan Asli Desa Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Baitul Amanah Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan nasional merupakan sebuah usaha agar kualitas hidup masyarakat meningkat. Agar mencapai tujuan pembangunan nasional, langkah awal dapat dilakukan adalah dengan memperkuat daerah-daerah terkecil, khususnya desa sebagai tingkat otonomi paling dasar. Pembangunan di tingkat desa adalah salah satu dari berbagai strategi yang mendukung pencapaian kesejahteraan negara dan mempromosikan kemandirian desa. Dalam konteks ini, desa mampu mengoptimalkan potensi yang unik untuk kemajuanya. Dengan ditetapkannya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Desa dapat membentuk sebuah badan usaha atau disebut Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pendapatan yang diperoleh dari BUMDes bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, utamanya yaitu untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Penelitian ini menggunakan teori efektivitas organisasi oleh Hari Lubis dan Martani Huseini dalam (Lubis & Huseini, 2009), terdari dari pendekatan sumber, pendekatan proses, dan pendekatan sasaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun peneliti mengambil 5 informan yaitu Kepala Desa, 2 Karyawan BUMDes, dan 2 Konsumen BUMDes. Keabsahan data diuji melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa BUMDes Baitul Amanah meskipun memberikan kontribusi terhadap PADes, belum efektif dalam meningkatkan pendapatan asli desa karena beberapa faktor seperti penurunan kontribusi BUMDes terhadap PADes, kurangnya sumber daya manusia, dan ketidakoptimalan BUMDes dalam pemenuhan kesejahteraan karyawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Badan Usaha Milik Desa; Pendapatan Asli Desa
Subjects: Public Finance
Public Administration
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: rizfa hasna maliha
Date Deposited: 05 Jul 2024 08:14
Last Modified: 05 Jul 2024 08:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90293

Actions (login required)

View Item View Item